Pemanfaatan Papan Berpasak Untuk Mengetahui Kemampuan Mahasiswa dalam Menentukan Pola Matematis

Main Article Content

Cicilia Devita Yuliani
Noviana Endah Santoso

Abstract

Kemampuan dalam menentukan pola matematis sangat penting bagi mahasiswa pendidikan matematika karena ada beberapa materi pembelajaran matematika yang menggunakan pola misalnya barisan dan deret. Jika kemampuan mahasiswa dalam menentukan pola matematis rendah, maka kemampuan itu harus dikembangkan. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan mahasiswa pendidikan matematika dalam menentukan pola matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan percobaan dan tes. Pengambilan data dilakukan dengan meminta mahasiswa pendidikan matematika sebagai subjek penelitian untuk mencari banyaknya panjang hipotenusa atau sisi miring yang berbeda pada papan berpasak yang berukuran 1-pasak x 1-pasak sampai 6-pasak X 6-pasak. Setelah itu mahasiswa mencari pola atau rumus banyaknya panjang hipotenusa atau sisi miring yang berbeda untuk papan berpasak yang berukuran n-pasak x n-pasak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam menentukan pola matematis masih kurang sehingga perlu untuk dikembangkan. Jadi, mahasiswa sebagai calon guru matematika harus dapat menentukan pola matematis.

Article Details

How to Cite
Yuliani, C. D., & Santoso, N. E. (2016). Pemanfaatan Papan Berpasak Untuk Mengetahui Kemampuan Mahasiswa dalam Menentukan Pola Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 577-584. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21696
Section
Articles

References

[1] Ellis, Mark W dan David Pagni. 2008. Exploring Segment Lengths on Geoboard. Mathematics Teaching in the Middle School, hlm 520-525.
[2] MIDT. Pemecahan Masalah Matematika. (Online).(https://midt-pmm.wikispaces.com/Subunit+5-2, diakses 27 Oktober 2015).