Penalaran Aljabar melalui Pengamatan Pola untuk Siswa Kelas VII

Main Article Content

Maria Dhalmasia Chrispina Ratu
Fransiska Atrik Halim

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu yang berkaitan dengan objek abstrak. Oleh karena itu, kemampuan penalaran merupakan salah satu dari sekian banyak kecerdasan yang harus dimiliki dan dikuasai siswa dalam mempelajari matematika misalnya materi aljabar. Pada kenyataannya, siswa/i sekolah menengah di Indonesia memiliki kemampuan penalaran aljabar yang rendah sehingga diperlukan metode atau cara yang khusus untuk meningkatkan kemampuan penalaran ajabar mereka. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menyajikan permasalahan yang berkaitan dengan pola kepada siswa/i sekolah menengah sehingga mereka dilatih untuk bernalar dalam memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran aljabar siswa/i sekolah menengah khususnya kelas VII berdasarkan penyelesaian soal mereka. Penelitian ini dimulai dengan menyajikan masalah tentang pola dalam bentuk soal yang kemudian dikerjakan oleh siswa/i sekolah menengah khususnya kelas VII yang berjumlah 4 orang. Hasil pekerjaan mereka kemudian dianalisis untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman siswa tersebut dalam penalaran aljabar dan bagaimana siswa tersebut berpikir kritis dalam memecahkan suatu masalah yang berkaitan dengan pola. Berdasarkan analisis hasil pekerjaan mereka, diperoleh data bahwa setiap siswa memiliki kemampuan penalaran yang berbeda. Hal ini terlihat dari hasil pekerjaan mereka yang bervariasi karena menggunakan cara yang berbeda-beda.

Article Details

How to Cite
Ratu, M. D. C., & Halim, F. A. (2016). Penalaran Aljabar melalui Pengamatan Pola untuk Siswa Kelas VII. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 585-590. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21697
Section
Articles

References

[1] Dinarti,Siti.2014. Pelevelan Proses Generalisasi Pola Pada Siswa SMP Berdasarkan Taksonomi SOLO (Online). http://teqip.com/wp-content/uploads/2015/02/MATEMATIKA-IV-1459-1697.pdf dikunjungi pada Kamis, 15 Oktober 2015.
[2] Haryono,Ari Dwi. 2008. Matematika Bermakna (Online). http://aflah.wordpress.com/2008/02/23/matematika-bermakna/ dikunjungi pada Kamis, 15 Oktober 2015.

[3] Nuraini, L. 2015. Penalaran Aljabar Siswa Kelas VII SMP N 1 Margoyoso Kabupaten Pati (Online). eprints.uns.ac.id/17475/2/002BAB_I.pdf dikunjungi pada Minggu, 8 November 2015.

[4] Rivera, F.D., Becker, Joanne Rossi. 2009. Algebraic Reasoning Trough Patterns (Online). http://www.jstor.org/stable/41183097 dikunjungi pada 8 Agustus 2015.