PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA GASING (Gampang, ASyIk, dan menyenaNGkan) PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DUA ANGKA DENGAN BILANGAN DUA ANGKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III A SEKOLAH DASAR NEGERI CIHUNI 1, KELAPA DUA, TANGERANG

Main Article Content

Siti Nurjanna
Januarsih Januarsih
Rendy Anugrah Pratama
Sulistiawati Sulistiawati

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang cenderung menghafal perkalian tanpa mengerti makna dari perkalian itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran Matematika GASING pada materi perkalian bilangan dua angka dengan bilangan dua angka terhadap hasil belajar matematikasiswa. Dari permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk menggunakan Matematika GASING (Gampang, ASyIk, dan menyenaNGkan) untuk pembelajaran matematika di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cihuni 1. Proses pembelajaran dengan Matematika GASING diawali dengan memperkenalkan hal yang konkret kepada siswa kemudian diarahkan ke hal yang abstrak, kemudian dilatih untuk mencongak. Penelitian mengambil sampel satu kelas yaitu kelas III A Sekolah Dasar (SD) Negeri Cihuni I dengan cara purposive sampling. Jenis penelitian merupakkan pre-experimental designs dengan desain penelitian one-group pretest-posttests. Analisis data pada penelitian menggunakan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran Matematika GASING pada materi perkalian bilangan dua angka dengan bilangan dua angka terhadap hasil belajar matematika siswa. Dan terdapat peningkatan dalam pembelajaran Matematika GASING pada materi perkalian bilangan dua angka dengan bilangan dua angka dengan rata- rata peningkatan sebesar 0, 42 dengan kategori sedang.

Article Details

How to Cite
Nurjanna, S., Januarsih, J., Pratama, R. A., & Sulistiawati, S. (2016). PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA GASING (Gampang, ASyIk, dan menyenaNGkan) PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN DUA ANGKA DENGAN BILANGAN DUA ANGKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III A SEKOLAH DASAR NEGERI CIHUNI 1, KELAPA DUA, TANGERANG. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 614-621. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21701
Section
Articles

References

[1] Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
[2] Singgih, Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
[3] Surya, Y. 2013. Modul Pelatihan Matematika GASING SD Bagian 1. Tangerang: PT Kandel.
[4] Wiyanti, Wiwik. 2013. Modul Mata Kuliah Statistika Lanjut. Tangerang.
[5] Sulistiawati. 2014. Pembelajaran Perkalian Bilanagan 1-10 Dengan Matematika GASING Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Matematika VIII, 08 November 2014. Semarang.
[6] Lasena, A., Ora, R. G., & Sulistiawati. Penerapan Pembelajaran Matematika GASING Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas III Sekolah Dasar pada Perkalian. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 27 Desember 2014. Yogyakarta.
[7] Prahmana, R. C. I & Suwasti, P. 2014. Local Instruction Theory on Division In Mathematics GASING: The Case of Rural Area’s Students In Indonesia. Journal of Mathematics Educations, 5(01), 391 – 398 (online). (http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/wiewFile/1445/522, diakses 12 November 2015).