PENGGUNAAN PERMAINAN QUICK DRAW UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KERUANGAN PADA SISWA SMP

Main Article Content

Grace Nindita Pranamya Hastri
Riris Ayu Panuntun Hati Bekti

Abstract

Abstrak – Dalam mata pelajaran Marematika terdapat beberapa cabang Matematika. Salah satunya adalah Geometri. Untuk memahami materi Geometri dapat menggunakan permainan Quick Draw. Permainan Quick Draw adalah permainan yang digunakan oleh penulis artikel untuk mengembangkan kemampuan keruangan dan kemampuan komunikasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui sejauh mana pemikiran siswa ketika diberikan beberapa betuk Geometri dan dalam mengaplikasikan permainan Quick Draw. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi khususnya di depan publik. Permainan ini mempunyai tiga langkah, yaitu mengamati, menggambar dan mengomunikasika untuk mengetahui kemampuan siswa dalam materi geometri. Jadi siswa nanti dihadapkan oleh suatu gambar lalu siswa menggambar secara cepat dan mempresentasikan gambarannya di depan teman-temannya. Kami akan mencobakan kepada siswa kelas 9 SMP Santo Aloysius Turi. Kami tidak hanya memilih beberapa siswa, tapi kami menggunakan siswa satu kelas. Dari situ akan terlihat banyak pemikiran siswa terhadap suatu gambar yang diberikan. Materi geometri sering dirasa sulit untuk dipahami. Pada artikel ini kami berharap siswa dapat mengembangkan kemampuan keruangan dan kemampuan komunikasi dengan menerapkan permaian Quick Draw.

Article Details

How to Cite
Hastri, G. N. P., & Bekti, R. A. P. H. (2016). PENGGUNAAN PERMAINAN QUICK DRAW UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KERUANGAN PADA SISWA SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 756-761. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21781
Section
Articles

References

Richardson Kerri, Catherine Stein. 2008. National Council of Teachers of Mathematics. Developing Spatial Sense and Communication Skills. Vol. 14 no.2