Peningkatan Hasil Belajar Materi Integral Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Gallery Walk berbasis Educational Game

Main Article Content

Muhammad Jazilun Ni’am

Abstract

Pembelajaran matematika selama ini belum memperhatikan aspek konstruktivisme dengan maksimal sehingga hasil belajar juga belum optimal. Pembelajaran yang selama ini masih belum mampu memacu motivasi peserta didik. Motivasi ini dapat dilakukan melalui adanya kompetisi antar kelompok melalui permaianan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan motivasi dan prestasi belajar matematika pada materi integral melalui model pembelajaran kooperatif teknik gallery walk berbasis educational game. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII IPA 1 SMA Negeri 1 Mayong yang berjumlah 34 peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode penilitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif dengan membandingkan data antar siklus. Tindakan yang diberikan menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik gallery walk yang menggunakan delapan tahapan. Educational game digunakan untuk meningkatkan motivasi peserta didik yang saling berkompetisi dalam memenangkan permainan yang diberikan. Permainan ini membuat belajara menjadi menyenangkan dan membuat waktu belajar terasa singkat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi peserta didik selama pembelajaran. Peserta didik yang motivasinya masih rendah menjadi punya motivasi yang baik dikarenakan adanya kompetisi antar kelompok belajar. Hasil tes setiap siklus menunjukkan adanya kenaikan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan minimal (KKM). Pada kondisi akhir siklus peserta didik yang tuntas dalam belajar mencapai 88 %. Berdasarkan hal ini maka pembelajaran kooperatif teknik gallery walk berbasis educational game dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar.

Article Details

How to Cite
Ni’amM. J. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Materi Integral Melalui Pembelajaran Kooperatif Teknik Gallery Walk berbasis Educational Game. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 1-9. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28846
Section
Articles

References

Asyhadi, A. 2005. Pengenalan Laboratorium Matematika di Sekolah. IHT Media Bagi Staf LPMP Pengelola Laboratorium Matematika Tanggal 5 s.d. 11 September 2005 di PPPG Matematika Yogyakarta.
E-repoting Ujian Nasional 2017. http://118.98.234.50 (diunduh 25 Juni 2017)
Fadli, F., dkk. 2015. “Penggaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk Terhadap Motivasi Belajar PPKn Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Pekanbaru”. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan Vol 2, No 2 (2015) Hal. 1-14.
Jatmiko. 2015. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Nahdhatul Ulama Pace Nganjuk”. Jurnal Math Educator Nusantara Volume 01 Nomor 02, Nopember 2015 Hal. 205-2013.
Kurniasari, E.F., dan Setyaningtyas, E.W. 2017. “Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) dengan Teknik Gallery Walk”. Journal of Education Research and Evaluation. Vol.1 (2) pp. 120-127.
Rohwati, M. 2012. “Penggunaan Education Game Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Konsep Klasifikasi Makhluk Hidup”. JPII 1 (1) (2012) 75-81 (diunduh dari http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii pada 1 Agustus 2017)
Ruseffendi, E. T. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung: Diktat.