Pembelajaran Matematika Metode Power Teaching Berbasis Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP

Main Article Content

Indrawati Indrawati
Muhammad Rusmayadi

Abstract

Latar belakang penelitian adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa yang menyebakan siswa kesulitan menyelesaikan soal-soal cerita mata pelajaran matematika khususnya pada materi-materi pokok geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran matematika metode power teaching berbasis konstruktifisme untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMPN 1 Batukliang. Penelitian ini merupakan penelitian pretest-posttest control group design, dimana siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 menjadi sampel penelitian dengan teknik simple random sampling. Analisis uji-t berpasangan pada kelas eksperimen menggunakan uji Paired-Samples T Test dengan taraf nyata 5% menunjukkan nilai sig = 0% < 5% artinya rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sesudah diajar menggunakan metode power teaching berbasis konstruktivisme tidak sama dengan rata-rata siswa sebelum diajarkan. Rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 71,64sedangkan kelas kontrol 71,55. Setelah dilakukan pembelajaran matematika metode power teaching berbasis konstruktivismepadakelaseksperimendiperoleh rata-rata posttest 86,40sedangkan kelas kontrol 79,88. Peningkatan kemampuan pemecahan dapat dilihat dari N-Gain pada kelas eksperimen 0,52 kategori sedang dan pada kelas kontrol 0,29 kategori rendah. Pada kelas eksperimen dan kelas control memiliki perbedaan kemampuan pemecahan masalah yang signifikan, maka dapat disimpulkan pembelajaran matematika metode power teaching berbasis konstruktivisme efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMPN 1 Batukliang.

Article Details

How to Cite
Indrawati, I., & Rusmayadi, M. (2019). Pembelajaran Matematika Metode Power Teaching Berbasis Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 16-24. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28847
Section
Articles

References

Aminah, N. (2014). Pendekatan Konstruktivisme Paradigma Baru Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Jurnal Euclid, 1(1), 55-59.
Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya belajar. Jurnal Math Educator Nusantara, 1(2), 159-170.
Astuti, D. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Student Teams Achievement Development(STAD). AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 2(1), 79-89.
Biffle, C. (2008). Power Teachers Training Manual. California: Crafton Hills College Philosophy and Religious Studies Sand Canyon Rd.,Yucaipa.
Fuady, A. (2010). Paradigma Baru Dalam Pendidikan Dan Pembelajarn Learning Is Fun. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hake, R. R. 1999. Analysing Change/Gain Score. Woodland Hills Dept. of Physics. Indiana University. www.physics.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
Jatisunda, M. G. (2017). Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme terhadap Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik (Studi Quasi Eksperimen terhadap Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Talaga Tahun Pelajaran 2015/2016). Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 2(1), 57-66.
Kennedy, L. M. (2008). Guiding Children's Leaming of Mathematfcs. USA: Thomson-Wadsworth.
Kim, D. H. (2012). Improving Problem Solving and Critical Thinking among Korean Nursing Student over an Academic Year. Educational Research Journal, 2(8), 257-265.
Muslich, M. (2008). KTSP Pembelajaran Berbasisi Kompetensi Dan Kontekstual (Panduan bagi guru, Kepala sekolah, dan Pengawas Sekolah). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nellis, H. (2014). The Effects Of Whole Brain Teaching Strategies In The General Education Classroom. (Thesis) The Pennsylvania State University, United States of America.
Nursulistiyo, E. (2014). Kajian Metode Power Teachingsebagai Alternatif Metode Pembelajaran Sains di Kelas. JRKPF:Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 1(1), 5-10.
Prabawanto, S. (2009). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematika Siswa.Workshop Nasional PMRI untuk dosen S1 Matematika PGSD. Bandung.
Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: DianRakyat.
Rahayu, D. V & Ekasatya, A. A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Melalui Model Pembelajaran Pelangi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 29-37.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitia Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ubaidah, N &Hevy, R. M. (2015). Pembelajaran Matematika Pada Materi Keliling Dan Luas Persegi Panjang Dengan Metode Power Teaching. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 9-22.