Efektivitas Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Representasi Ditinjau dari Self-Efficacy

Main Article Content

Mila Rofiatul Ulya
Isnarto Isnarto
Rochmad Rochmad
Wardono Wardono

Abstract

Kajian ini dibuat dengan tujuan mengetahui keefektivan pembelajaran flipped classroom berpendekatan realistik terhadap kemampuan representasi matematis yang ditinjau dari sikap self-efficacy. Tujuan pembelajaran matematika menurut NCTM salah satunya yakni kemampuan representasi matematis. Kemampuan representasi matematis merupakan hal yang penting untuk dikuasai siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan pembelajaran matematika yang tercantum dalam Permendiknas No. 20 Tahun 2006 tentang standar isi, memang tidak menjelaskan secara tersurat mengenai kemampuan representasi matematis, namun didalamnya membahas pentingnya kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah. Dalam rangka memaksimalkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah, memerlukan penguasaan kemampuan representasi matematis. Kemampuan representasi matematis akan mudah dikembangkan manakala siswa memiliki sikap self-efficacy yang kuat. Penerapan pembelajaran flipped classroom berpendekatan realistik diharapkan mampu memaksimalkan kemampuan representasi matematis maupun sikap self-efficacy siswa. Pembelajaran flipped classroom berpendekatan realistik mampu merangsang siswa untuk membangun kembali ide pemikiran akan suatu permasalahan yang dihadapi di kehidupan nyata siswa.

Article Details

How to Cite
Ulya, M. R., Isnarto, I., Rochmad, R., & Wardono, W. (2019). Efektivitas Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Representasi Ditinjau dari Self-Efficacy. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 116-123. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28895
Section
Articles

References

Bandura, A. 2008. Self efficacy. 1-14. Online. Available at http://www.uky.edu/~eushe2/Bandura/BanEncy.html. (diakses tanggal 23 September 2018).
Diyah. 2007. “Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP”. Skripsi. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Negeri Semarang.
Güler, Gürsel (Corresponding Author). 2011. “The Visual Representation Usage Levels of Mathematics Teachers and Students in Solving Verbal Problems”. International Journal of Humanities and Social Science, 1 (11):145-154.
Halomoan, Tua Harahap. 2015. “Penerapan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Representasi Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Nurhasanah Medan Tahun Pelajaran 2012/2013”. Jurnal EduTech, 1 (1).
Hayati, Nur. 2003. “Penerapan Pembelajaran Realistik pada Pokok Bahasan Sisi dan Volum Bangun Ruang”. Makalah Komprehensif. Surabaya: Prodi Pendidikan Matematika Program Pascasarjana UNESA.
Hendriana, Herris. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.
Kartini. 2009. “Peranan Representasi Dalam Pembelajaran Matematika”. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta, 05 Desember 2009.
Lunenburg, F., C. 2011. “Self-efficacy in the Workplace: Implemetation for Motivation and Performance”. International Journal of Management, Business, and Administration, 14(1).
Minarni, Ani, E. Elvis Napitupulu & Rahmad Husein. 2016. “Mathematical Understanding and Representation Ability of Public Junior High School in North Sumatra”. Journal on Mathematics Education, 7 (1): 43-56.
Munfaridah, Luluk. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika”. Tesis. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Nadia, Lana Najiha, Budi Waluyo & Isnarto. 2017. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Peserta Didik melalui Inductive Discovery Learning”. UJMER, 6 (2): 242-250.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2006. Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 22 Tahun 2006.
Sabirin, Muhammad. 2014. “Representasi dalam Pembelajaran Matematika”. JPM IAIN Antasari, 1 (2): 33-44.
Saminanto. 2011. Aplikasi Realistic Mathematics Education. Semarang: Walisongo Press.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yulietri, Fradila, Mulyoto & Leo Agung. 2015. “Model Flipped Classroom dan Discovery Learning pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kemandirian Belajar”. Teknodika, 13 (2): 5-17.
Zakaria, Effandi & Muzakkir Syamaun. 2017. “The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students’ Achievement And Attitudes Towards Mathematics”. Mathematics Education Trends and Research, 1 (1): 32-40.