Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model PBL Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sanguinis dan Melankholis

Main Article Content

Sofri Rizka Amalia
An Nur Ami Widodo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika (PMAT) tahun ajaran 2017/2018  melalui model PBL berbasis etnomatematika ditinjau dari tipe kepribadian. Peneliti menggunakan penggolongan kepribadian menurut Topologi Hippocrates dan Galenus yang membagi tipe kepribadian menjadi 2, yaitu: sanguinis dan melankholis.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Kriteria pemilihan subjek didasarkan pada kepribadian mahasiswa, yaitu tipe kepribadian sanguinis dan tipe kepribadian melankolis.  Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi matematika semester 4 yang terdiri dari 4 subjek yaitu dua subjek dengan tipe sanguinis, dua subjek dengan tipe melankolis. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan indikator kemampuan pemecahan masalah.  Kemudian dilakukan triangulasi metode untuk mendapatkan data penelitian yang valid.


Penelitian ini pada akhirnya menghasilkan kesimpulan sebagai berikut : kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa dengan tipe kepribadian sanguinis tidak dapat memenuhi semua tahapan pemecahan masalah yatiu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, mengaplikasikan rencana dan melihat kembali. Mahasiswa dengan tipe kepribadian melakolis dapat memenuhi semua indikator pemecahan masalah.   

Article Details

How to Cite
Amalia, S. R., & Widodo, A. N. A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model PBL Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Sanguinis dan Melankholis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 156-160. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28903
Section
Articles

References

Begg, A & Hamilton. 2001. Ethnomathematics: Why, and What Else?. ZDM . 33(3): 71-74.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Suherman, E.et al. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.
Suryabrata, S. 2010. Psikologi Kepribadian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tan, O.S. 2003. Problem Based Learning Innovation: Using Problem to Power Learning in 21st Century. Singapore: Thompson Learning.
Wee, K., Neo, L., Megan A. 2002. Authentic Problem Based Learning: Rewriting Business Education. Prentice Hall.