Potensi Etnomatematika untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis

Main Article Content

Suryandaru Prasetyo Jati
Zaenuri Mastur
Mohammad Asikin

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggali potensi etnomatematika di Kabupaten Klaten dan potensi integrasi etnomatematika dalam pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian survai. Penelitian dilakukan di Kabupaten Klaten dengan pemilihan objek dilakukan dengan purposive sampling. Metode pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif. Kajian hasil penelitian juga dilakukan untuk mengetahui potensi integrasi etnomatematika dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan, bangunan Tugu Waseso, Candi Sojiwan dan Candi Plaosan sarat dengan konsep bangun datar matematika. Etnomatematika berpotensi meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, apabila diintegrasikan dengan materi dan model pembelajaran yang tepat.

Article Details

How to Cite
Jati, S. P., Mastur, Z., & Asikin, M. (2019). Potensi Etnomatematika untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 277-286. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28925
Section
Articles

References

Bishop, J.A. (1994). Cultural Conflicts in the Mathematics Education of Indigenous People. Clyton, Viktoria: Monash University.
Cahyaningrum, N., Sukestiyarno, dan Budi W. (2016). Pembelajaran REACT Berbantuan Modul Etnomatematika Mengembangkan Karakter Cinta Budaya Lokal dan Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. UJMER, 5(1), 50-59.
D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its place in the history and pedagogy of mathematics. For the learning of mathematics, 5(1), 44-48.
Dwidayati, N. (2018). Pengintegrasian Etnomatematika Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA1 Prosiding Seminar Matematika UNNES. Semarang.
Farda, Zaenuri, dan Sugiarto. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran POGIL Bernuansa Etnomatematika Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. UJME, 6(2), 223-230.
Hardiarti, S. (2017) Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat Pada Candi Muaro Jambi. Aksioma, 8(2), 99-110.
Kaselin, Sukestiyarno, dan Budi W. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Matematika dengan Strategi REACT Berbasis Etnomatematika. UJMER, 2(2), 121-127.
Koentjaningrat. (2000). Kebudayaan, Mentalitas, dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Marsigit, dkk. (2016). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia UST. Yogyakarta.
Murtiyasa, B. (2015). Tantangan Pembelajaran Matematika Era Global. Prosiding Seminar Nasional UMS 2015. Surakarta.
NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Amerika Serikat: NCTM.
Pujianto, E., dan Masrukan. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Model Round Club Dengan self Assesment Bernuansa Etnomatematika Berdasarkan Gaya Kognitif. UJMER, 5(1), 120-129.
Richardo, R. (2013). Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. Literasi, 7(2), 9-12.
Wahyuni, A, Ayu A. W., dan Budiman S. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Yogyakarta.
Zaenuri dan Nurkaromah D. (2018). Menggali Etnomatematika: Matematika sebagai Produk Budaya. PRISMA 1 Prosiding Seminar Matematika UNNES. Semarang.