Pengembangan Media Pembelajaran PLSolves Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi SPLTV Aturan Cramer

Main Article Content

Yuyun Suria Priangga
Wardono Wardono

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara membangun dan mengembangkan media pembelajaran PLSolves berbasis aplikasi android, untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA kelas X materi system persamaan linear tiga variable menggunakan aturan cramer’s. Media pembelajaran dikembangkan menggunakan metode ADDIE, yaitu analisis, desain, develop, implementasi, dan evaluasi. Langkah awal yang dilakukan oleh peneliti adalah menganalisis permasalahan dan kebutuhan siswa dalam pembelajaran. Kemudian dari latar belakang tersebut dikembangkan menjadi media pembelajaran yang bisa digunakan oleh siswa. Hasil dari penggunaan aplikasi PLSolves ini menunjukan hasil yang baik dari ahli materi, ahli media pembelajaran, dan penilaian siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah

Article Details

How to Cite
Priangga, Y. S., & Wardono, W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran PLSolves Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi SPLTV Aturan Cramer. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 293-296. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28941
Section
Articles

References

Azimi, dkk. (2015). A Survey of the Effectiveness of Instructional Design ADDIE and Multimedia on Learning Key Skills of Futsal. Journal of Educational and Management Studies, 5.(180-186).
Hafid, Kartono. (2015). Remedial Teaching Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5. 257-265.
Hujair AH Sanaky. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: KAUKABA DIPANTARA.
Lawrence. (2016) Using the ADDIE Model of Instructional Design to Teach Chest Radiograph Interpretation. Journal of Biomedical Education. 2016.
Munahefi, Kartono (2015) Kemampian Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Berbasis Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4. 66-74.
Muruganantham. (2015). Developing of E-content package by using ADDIE model. International Journal of Applied Research, 1. (52-54).
Nasrin, dkk. (2014). The Design and Implementation of an Educational Multimedia Mathematics Software: Using ADDIE to Guide Instructional System Design. The Journal of Applied Instructional Design, 4. (37-49).
Palupi, Suyitno. (2016) Keefektifan Model Pembelajaran Mean-Ends Analisis Pada Kemampian Pemecahan Masalah Siswa Materi Segiempat. Unnes Journal of Mathematics Education Research,5. 119-123.
Pribadi, Benny A. (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE. Jakarta : Prenada Media Group.
Razali, Faaizah. (2015). The Development of Online Project Based Collaborative Learning using ADDIE Model. Elsevier- Social and Behavioral Sciences.195. (1803-1812).
Sardiman. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Siska, Sukestiyarno (2013) Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Taksonomi Solo Super Item Dengan Tutor Sebaya Berbantuan Wingeom, Unnes Journal of Mathematics Education Research, 2, 185-189.