PERAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE MATHEMATICAL MODELING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

Main Article Content

Desmiani Susanti
Budi Waluya
Isnaini Rosyida

Abstract

Pentingnya peran pendidikan matematika pada kehidupan sehari-hari tidak didukung dengan pembelajaran di kelas, sehingga banyak siswa yang tidak bisa menyelesaikan permasalahan dalam kesehariannya. Siswa tidak bisa memodelkan masalah dunia nyata ke dalam matematika yang berakibat sulitnya membuat keputusan. Pembelajaran dengan Metode Mathematical Modeling dapat dijadikan salah satu cara untuk menjembati konsep-konsep matematika ke dalam kejadian nyata. Kualitas pembelajaran matematika sangat menentukan kemampuan matematis siswa yang ingin dicapai, sehingga pembelajaran dengan Metode Mathematical Modeling mempunyai peran terhadap kemampuan matematis siswa terutama kemampuan penalaran matematis.

Article Details

How to Cite
Susanti, D., Waluya, B., & Rosyida, I. (2019). PERAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE MATHEMATICAL MODELING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 297-300. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28942
Section
Articles

References

Akgün, L. 2015. Prospective Mathematics Teachers’ Opinions about Mathematical Modeling Method and Applicability of This Method. International Journal of Progressive Education, 11 (2).
Bala, A. Y & Doğanay, A. 2014. Improving Primary School Prospective Teachers’
Understanding of the Mathematics Modeling Process. Educational Sciences: Theory & Practice. 14(4) :1375-1384.
Biembengut, M. S., & Hein, N. 2013. Mathematical Modeling : Implications for Teaching. Modeling Students’ Mathematical Modeling Competencies, ICMT 13: 481–490.
Gültekin, S & Kalbekov, A. 2017. Importance Of Mathematical Modeling In Teaching Mathematics. International Journal of Development Research, 7, (09): 15680-15683.
Jumainisa, S., Darmawijoyo. & Hartono, Y. 2018. “Pengembangan Soal Mathematical Modelling Menggunakan Konteks Kesehatan Kelas V Sekolah Dasar”. Prosiding Seminar Nasional Stkip Pgri Sumatera Barat, 4 (1).
Maulani A.S. 2013. Penerapan strategi react untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematika siswa SMP. Skripsi. Bandung:UPI.
Purmono., Andi, E., dan Mawarsari, V. N., 2014, Peningkatan Kemampuan Pemecahan
Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Project Based
Learning, JKPM, Volume 1 Nomor 1: 2339:2444
Rahmawati. 2016. Seminar hasil TIMMS 2015. (https://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Hasil%20Seminar%20Puspendik%202016/Rahmawati-Seminar%20Hasil%20TIMSS%202015.pdf) . Diakses tanggal 20 Agustus 2018.
Riyanto, B., Zulkardi, Putri, R. I.I., & Darmawijoyo. 2017. Mathematical modeling in realistic mathematics education. Journal of Physics: Conf. Series, 943.
Selvia, F. R , Darmawijoyo, Yusuf, M. 2014. Penerapan Pembelajaran Pemodelan Matematika Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Untuk Siswa Kelas VIII SMP .AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, 03 (01).
Sokolowski, A. 2015. The Effects of Mathematical Modelling on Students’
Achievement-Meta-Analysis of Research. The IAFOR Journal of Education. 3 (1).
Suryani, F. 2016. Pengaruh pembelajaran dengan metode Pemodelan Matematika (mathematical modeling) terhadap kemampuan penalaran generalisasi matematika. Skripsi. Universitas UIN Syarif Hidayatullah.
Turmudi, Hidayat, A.S., Prabawanto, S., & Aljupri. 2014. “Pengembangan pembelajaran matematika dengan pemodelan (mathematical modeling) berbasis realistik untuk mahasiswa”. Jurnal Pengajaran Mipa, 19 (1): 1-18.
Yekti, S. M. P , Tri Atmojo Kusmayadi, T. A & Riyadi. 2016. Penalaran Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Aljabar Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent –Field Independent. JMEE, 6 (2).