Buku Dongeng Elektronik sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya

Main Article Content

Ega Purnama
Erni Puji Astuti
Isnaeni Maryam

Abstract

Manusia tidak akan lepas dari kebudayaankarenamanusia adalah pencipta dan pengguna budaya. Dongeng merupakan salah satu budaya yang melegenda,pandangan matematika sebagai pembelajaran yang sulit bukan menjadi hal barudalam dunia pendidikan. Dalam penelitian ini, Peneliti mengembangkan buku dongeng matematika sebagai media pembelajaran matematika dalam bentuk buku elektronik. Penelitian ini bertujuan untukmelestarikan budaya dongeng, menanamkan karakter pada siswa, dan untuk memotivasi siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research andDevelopment (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, kuisioner (angket), dokumentasi. Penelitian ini melibatkan responden dari siswa, ahli materi, ahli media, dan guru. Kesimpulan dari penelitian pengembengan media Buku Dongeng Matematika telah memenuhi kriteria media yang layak digunakan dalam pembelajaran.Dapat disimpulkan pula bahwa pengembangan media pembelajaran buku dongeng metematika dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa.

Article Details

How to Cite
Purnama, E., Astuti, E. P., & Maryam, I. (2019). Buku Dongeng Elektronik sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 323-329. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/28946
Section
Articles

References

Aedi, N. (2010). Bahan Belajar Mandiri Metode Penelitian Pendidikan Pengolahan Dan Analisis Data Hasil Penelitian. Bandung:Universitas Pendidikan Indonesia.
Ali, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro Vol.5, No.1, hal 11-18.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswarra. Edisi 1, No.4. ISSN 2355-4118, Oktober–Desember 2014, hal 104-117.
Johnson, L.V. (2016). The Positive Impacts of Fairy Tales for Children. HOHONU, Vol.15.
Kamaluddin, M. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Strategi untuk Meningkatkannya. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017, ISBN. 978-602-73403-2-9.
Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Puspitasari, P., Puspitasari P. S. J., Wuryani. W. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Ikip Siliwangi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) .Vol.1, No.2, hal 227-232
Rusliah, N. (2016). Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. Proceedings Of The International Conference On University-Community Engagement Surabaya – Indonesia, 2 - 5 August 2016.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Subandi. (2011). Deskripsi Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan. HARMONIA, Vol.11, No.2, hal 173-179.
UNESCO. (2012). Challenges in Basic Mathematics. France : Penerbit UNESCO.
Wijayanto., Wibisono, A., Menarianti, I. (2016). Pengembangan Buku Sekolah Elektronik (BSE) Dilengkapi Media Evaluasi Masndiri Siswa. Jurnal Informatika UPGRIS. Vol 2, No.2, hal 84-89.