Kemampuan Menganalisis Argumen dalam Berpikir Kritis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu

Main Article Content

Arief Agoestanto
Y.L Sukestiyarno
Isnarto Isnarto
Rochmad Rochmad
F.I Permanawati

Abstract

Menganalisis argument merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh pemikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menganalisis argumen dalam  berpikir kritis ditinjau dari rasa ingin tahu . Metode penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, dan wawancara. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik dan sumber. Triangulasi teknik dalam penelitian  inidilakukan dengan membandingkan hasil tes menganalisis argument dalam kemampuan berpikir kritis dengan data hasil wawancara subjek dan pencapaiannya, sedangkan triangulasi sumber dilakukan pengecekan data dari dua subjek pada setiap tingkatan rasa ingin tahu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: subjek dengan rasa ingin tahu tinggi, sedang, dan rendah mampu menganalisis argument dengan benar, tetapi subjek dengan rasa ingin tahu rendah hanya  mampu memberikan  satu  argumen  saja tanpa memberikan argumen lanjutan untuk mendukung argumen sebelumnya.

Article Details

How to Cite
Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y., Isnarto, I., Rochmad, R., & Permanawati, F. (2019). Kemampuan Menganalisis Argumen dalam Berpikir Kritis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 337-342. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28948
Section
Articles

References

Abimanyu,W.A.,Mallo,B.,&Hadjar,I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan dan VolumeLimas di Kelas VIII SMP Negeri 5 Palu. AKSIOMA:Jurnal Pendidikan Matematika,4(2)
Agoestanto, A.,Sukestiyarno, Y.L., and Rochmad .(2017). Analysis of Mathematics Critical Thinking Students in Junior High School Based on Cognitive Style . Journal of Physics: Conference Series824 (2017) 012052.
Anwar,M.K.,Soedjoko.E.,&Sugiman. (2018). TheEffectiveness of Problem Posing Learning with CTL Approachto Students' Mathematical Critical Thinking Ability Grade IX SMP Negeri 3 Ungaran.Unnes JournalofMathematicsEducation.
Baruch,Y.K.,Spektor-Levy,O., &Mashal,N. 2016.Pre-schoolers’verbal behaviratlof Attitudes and Sientifi curiosity.International Journal of Science and MathematicsEducation,14(1),125-148)
Chonstantika, A.L.,Haryono,&Yamtinah, S. (2013). Penerapan Pembelajaran Model Make A Match dan Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi,Rasa Ingin Tahu, dan Prestasi Belajar pada Materi Hidrokarbon Siswa Kelas X-6 di SMA Negeri 2 Boyolali Tahun Ajaran 2011/201 Jurnal Pendidikan Kimia (JPK),Vol.2No. 3.
Chukwuyenum, A.N. (2013). Impact of Critical thinking on Performance in Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 3 (5): 18-25.
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Model-model Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Direktorat PSLB
Ennis,R.H.(2011).Critical thinking: Reflection and perspective PartII. Inquiry:Critical thinking across the Disciplines, 26(2),5-19.
Ennis, R.H. (2011).The Nature of Critical Thinking:An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Revised version of a presentation at the Sixth International Conference on Thinking at MIT, Cambridge, MA, July, 1994
Facione,P.A.(2000). Thedispositiontoward criticalthinking:Itscharacter,measurement, and relationship tocritical thinking skill.Informallogic,20(1).
Facione, P.A. (2013). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Millbrae: Measured Reasons and The California Academic Press. (Online). Tersedia di https://spu.edu/depts/health-sciences/grad/documents/CTbyFacione.pdf (diakses 20-1-2016)
Farida,N.(2015).Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika,4(2)
Isti,N.A.,Agoestanto, A.,&Kurniasih,A.W. (2017).Analysis Critical Thinking Stageof Eighth Gradein PBL-Scaffolding Setting To Solve Mathematical Problems.Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1),52- 62
Jannah,W.N, & Susilawati. (2018). Pentingnya Kemampuan Metakognitif Siswa Sekolah Dasar Sebagai Generasi Emas.Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon.
Kashdan,T.B.,Rose,P., dan Fincham,F.D. (2004). Curiosity and Explorasion: Facilitating Positive Subjective Experiences and Personal Growth Oportunities. Journal of Personality Assesment, 82(3),291-305.
Kemendiknas. (2011). Pendidikan Nilai-nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Jogjakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan
Kurniati, I.W.,Pujiastuti, E.,danKurniasih,A.W. (2017). Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Smart Sticker untuk Kemampuan Berpikir Kritis. Kreano,Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif,8(2).
Kusmanto,H.(2014). Pengaruh Berpikir Kristis Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika (Studi Kasus DiKelas VII SMP Wahid Hasyim Moga). Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching,3(1).
Lailly, N. R., &Wisudawati, A. W. (2015).Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013.Jurnal Kaunia,11(1),27-39.
Nursiti,N.,&Barat,W.L.J. (2013). Keterampilan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.Widyaiswara LPMP Jawa Barat.
Ormrod, J. E. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Erlangga.
Perkins C., & Murphy, E. (2006). Identifying and Measuring Individual Engagement in Critical Thinking in Online Discussions: An Exploratory Case Study. Educational Technology & Society, 9 (1): 298-307. Tersedia di http://www.ifets.info/journals/9_1/24.pdf. [diakses 21-12-2015]
Rahmanto, M. O. (2009). Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Melalui Optimalisasi Pembelajaran Kontekstual Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Satu Variabel (PTK Kelas VII SMP N II Pabelan. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rahmawati, F.(2013).Pengaruh Pendekatan Pendidikan RealistikMatematika Dalam mening-katkan Kemampuan Komunikasi Matematis siswaSekolahDasar.Dalam FMIPAUnila.[Online].Vol1 (1),225-238.
Rochmad,Agoestanto,A.,danKurniasih,A.W. (2016). Analisis Time-Line danBerpikir Kritis Dalam Pemecahan Masalah Matematika PadaPembelajaran Kooperatif Resiprokal.Kreano,Jurnal MatematikaKreatif-Inovatif,7(2),217-231.
Sumaryati, E. (2013). Pendekatan induktif- deduktif disertai strategi think-pair-square-share untuk meningkatkan kemampuan pemahaman dan berpikir kritis serta disposisi matematis siswa SMA. Infinity Journal,2(1),26-42.