Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X pada Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning

Main Article Content

Lutfia N Azizah
Iwan Junaedi
Suhito Suhito

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas X di SMAN 1 Blora dan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas X di SMAN 1 Blora pada pembelajaran matematika dengan model PBL. Penelitian ini menggunakan metode mixed method desain sequential explanatory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan model PBL efektif terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas X SMAN 1  Blora. Siswa dengan tipe gaya kognitif reflektif cenderung memiliki kemampuan representasi visual dengan kategori sangat baik, kemampuan representasi simbolik dengan kategori baik, dan kemampuan representasi verbal dengan kategori baik. Siswa dengan tipe gaya kognitif impulsif cenderung memiliki kemampuan representasi visual dengan kategori sangat baik, kemampuan representasi simbolik dengan kategori sangat kurang, serta kemampuan representasi verbal dengan kategori kurang.

Article Details

How to Cite
Azizah, L. N., Junaedi, I., & Suhito, S. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X pada Pembelajaran Matematika dengan Model Problem Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 355-365. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28952
Section
Articles

References

Asyrofi, M. & I. Junaedi. 2016. Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Multiple Intellegence pada Pembelajaran Hybrid Learning Berbasis Konstruktivisme. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 32-39.
Bell, F. H. 1981. Teaching and Learning Mathematics (In Secondary School). United States of America: Wm. C. Brown Company Publisher.
Dirgahayu, H. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Model Pembelajaran PBL Ditinjau dari Gaya kognitif pada Materi Prisma dan Limas Kelas VIII. Skripsi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Effendi, L. A. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Indonesia, 13(2), 1-10.
Joyce, B. & M. Weil. 1980. Models of Teaching Second Edition. New Jersey: Prentince-Hall, Inc.
Kagan, J. 1966. Reflection-Impulsivity: The Generality and Dynamics of Conceptual Tempo. Journal of Abnormal Psychology, 71(1), 17-24.
Kemendikbud. 2003. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. 2014. Permendikbud nomor 59 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMA/MA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusrianto, S. I., Suhito, & Wuryanto. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran CORE Berbantuan Pop Up Book Terhadap Kemampuan Siswa Kelas VIII pada Aspek Representasi Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(2), 155-162.
Mahendra, N. R. & Mulyono. 2016. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Gaya Kognitif dalam Model PBL. Prosiding Seminar Nasional Matematika X. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Minarni, A., E. E. Napitapulu, & R. Husein. 2016. Mathematical Understanding and Representation Ability of Public Junior High School in North Sumatra. Journal on Mathematics Education, 7(1), 45-58.
Nadia, L. N., ST. B. Waluya, & Isnarto. 2017. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Peserta Didik Melalui Inductive Discovery Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 242-250.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Amerika: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Padmavathy, R. D. & K. Mareesh. 2013. Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal, 2(1), 45-51.
Permata, J. I., YL. Sukestiyarno, & N. Hindarto. 2017. Analisis Representasi Matematis Ditinjau dari Kreativitas Pembelajaran CPS dengan Asesmen Diagnostik. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 233 -241.
Polya, G. 1973. How To Solve It Second Edition. New Jersey: Princeton University Press.
Rozencwajg, P. & Corroyer, D. 2005. Cognitive Processes in the Reflective-Impulsive Cognitive Style. The Journal of Genetic Psychology, 166(4), 451-463.
Warli. 2009. Proses Berpikir Anak Reflektif dan Anak Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Paedagogi, 5(2). FKIP Universitas Siliwangi.
Warli. 2013. Kreativitas Siswa SMP yang Bergaya Kognitif Reflektif atau Impulsif dalam Memecahkan Masalah Geometri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 20(2), 190-201.
Warli & M. Fadiana. 2015. Math Learning Model that Accomodates Cognitive Style to Build Problem Solving Skills. Higher Education Studies, 5(4), 86-98.
Widakdo, W. A. 2017. Mathematical Representation Ability by Using Project Based Learning on the Topic of Statistics. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.