Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Semarang

Main Article Content

Andri Jaya Kumala
S B Waluyo
B Siswanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan rasa percaya diri siswa kelas X MIPA 8 SMA Negeri 4 Semarang tahun pelajaran 2018/2019 pada pembelajaran matematika materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Adapun masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Data rasa percaya diri siswa diperoleh melalui angket dan data kemampuan komunikasi matematis siswa diperoleh melalui tes evaluasi pada akhir tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor rasa percaya diri siswa pada siklus I adalah 70,56 dengan kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II, rata-rata skor rasa percaya diri siswa adalah 80,06 dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian, terdapat peningkatan rasa percaya diri siswa. Dari analisis hasil evaluasi kemampuan komunikasi matematis siswa, rata-rata hasil evaluasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 80,21 dan 85,17 dengan ketuntasan klasikal masing-masing siklus 75% dan 88,57%. Dengan melihat hasil belajar dari siklus I ke siklus II, terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL pada materi SPLTV dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X MIPA 8 SMA Negeri 4 Semarang tahun pelajaran 2018/2019.

Article Details

How to Cite
Kumala, A. J., Waluyo, S. B., & Siswanto, B. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas X Sma Negeri 4 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 410-415. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29024
Section
Articles

References

Mahardika, D. P. (2014). Peranan Komputer untuk Meningkatkan kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ISSN 2355-0473. Bandung.
Muslich, M. (2014). Melaksanakan PTK itu Mudah (Classroom Action Research) Pedoman Praktis bagi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Subekti, F. E. & Anggun B. K. (2017). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Rasa Percaya Diri Mahasiswa. Jurnal Euclid, 3(1), 434.
Sudiyasa, I W. (2014). Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ISSN 2355-0473. Bandung.
Suwandi, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Mata Padi Presindo.
Wulandari, NJM S. (2017). Hubungan Kepercayaan Diri (Self-Confidence) dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa dengan Menggunakan Model Problem Based Learning di MAN Kisaran. Jurnal Inspiratif, 3(2), 104.