Penerapan Strategi Qiuck on The Draw untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Trigonometri Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA N 11 Semarang

Main Article Content

Ni Wayan Karmila Putri
Kartono Kartono
Ami Ariyani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan strategi Quick on The Draw materi trigonometri kelas XI MIPA 1 SMAs N 11 Semarang dan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah trigonometri siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 11 Semarang melalui penerapan strategi Quick on The Draw. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 11 Semarang sebanyak 36 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan selama dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes, dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Skala Lickert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Quick on The Draw dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah trigonometri siswa. Kemampuan pemecahan masalah trigonometri siswa pada siklus satu mencapai ketuntasan klasikal sebesar 91,67% dengan rata-rata nilai sebesar 90,61. Pada siklus dua, tercapai ketuntasan klasikal sebesar 91,67% dengan rata-rata nilai sebesar 92,11. Terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus satu ke siklus dua. Hasil yang didapat dari siklus satu dan siklus dua sudah mencapai indikator yang diharapkan yaitu ketuntasan klasikal minimal 85% dengan rata-rata nilai siswa ³ 80..

Article Details

How to Cite
Putri, N. W. K., Kartono, K., & Ariyani, A. (2019). Penerapan Strategi Qiuck on The Draw untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Trigonometri Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA N 11 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 427-431. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29026
Section
Articles

References

Ginnis, Paul. (2008). Trik dan Taktik Mengajar Meningkatkan Pencapaian Pengajaran di Kelas. Jakarta: Indeks.
OECD. (2016). PISA 2015 Result in Focus. (Online). Tersedia pada https://www.oecd.org/pisa/pisa2015-results-in-focus.pdf. (diakses tanggal 25 Maret 2018).
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Mata Pelajaran Matematika, 2006. Jakarta.
Polya, G. (1957). How To Solve It. A New Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press.
Putra, Sentana I W. (2015). Pengaruh Penerapan Strategi Quick on The Draw Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Amlapura. E-journal Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3, Nomor 1.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudiarta, I.G.P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Ikrar Berorientasi Kearifan Lokal Dan Kecerdasan Logis Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. (Online). Tersedia pada http://fmipa.um.ac.id/ index.php/component/attachments/download/154.html. (diakses tanggal 20 Maret 2018).
Ultriandi. 2013. Pengaruh Penerapan Strategi Quick on The Draw Terhadap Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs 02 Muhammadiyah Pekanbaru. Skripsi (tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.