Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran TTW Berbantuan Fun Card Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa

Main Article Content

Fatimah Rofikoh
E R Winarti
Sunarmi Sunarmi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan fun card dan pada pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan untuk menguji pengaruh kepercayaan diri siswa terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang didukung dengan wawancara.  Metode kuantitatif yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 12 Semarang tahun pelajaran 2017/ 2018. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran TTW berbantuan fun card lebih baik daripada model PBL dan kepercayaan diri siswa berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa.

Article Details

How to Cite
Rofikoh, F., Winarti, E. R., & Sunarmi, S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Pembelajaran TTW Berbantuan Fun Card Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 432-438. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29028
Section
Articles

References

Brenner, M. (1998). Development of Mathematical Communication in Problem Solving Group By Language Minority Students. Bilingual Research Journal, 22(2), 103-128.
Hidayat, W., & Sumarmo, U. (2013). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis Matematik serta Kemandirian Belajar: Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1): 1-14.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMP/ MTS.
Lomibao, L.S. (2016). The Influence of Mathematical Communication on Students’ Mathematics Performance and Anxiety. American Journal of Educational Research, 4(5): 378-382.
National Council of Theachers of Mathematics. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. VA: NCTM.
Nurhasanah, R.A., E.R. Winarti, & P. Hendikawati. 2017. Analisis Komunikasi Matematis pada Pembelajaran Geometri Menggunakan Model PBL dan TTW Ditinjau dari Self Efficacy Berbantuan Schoology. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3): 1-9.
Permata, C.P., Kartono, & Sunarmi. 2015. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Model Pembelajaran TSTS dengan Pendekatan Saintifik. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2): 127-133.
Puspendik. 2016. Laporan Hasil Ujian Nasional SMP/ MTs Jawa Tengah Tahun 2016/ 2017. Puspendik. Kemendikbud.go.id
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.