Peningkatan Hasil Belajar dan Kerjasama Peserta Didik Melalui Metode Team Game Tournament Berbantuan Domino Aljabar Pada Materi Operasi Aljabar Kelas 7D SMP Negeri 5 Semarang

Main Article Content

Fajar Tri Setiawan
S Jayanti
Mulyono Mulyono

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar dan sikap kerjasama peserta didik melalui metode Team Game Tournament berbantuan domino aljabar pada materi operasi aljabar kelas 7D SMP Negeri 5 Semarang. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus, dan dua pertemuan setiap siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas 7D SMP Negeri 5 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik tes dan non tes. Teknik analisis data terdiri atas data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian siklus I ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik mencapai 72% dan sikap kerjasama kategori “Sangat Tinggi†hanya 3%. Sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikal hasil belajar peserta didik mencapai 78% dan sikap kerjasama kategori “Sangat Baik†mencapai 88%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode Team Game Tournament Berbantuan domino aljabar dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap kerjasama peserta didik pada materi operasi aljabar kelas 7D SMP Negeri 5 Semarang. Saran dari penelitian ini adalah hendaknya guru menerapkan metode Team Game Tournament sebagai salah satu alternatif metode mengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Article Details

How to Cite
Setiawan, F. T., Jayanti, S., & Mulyono, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Kerjasama Peserta Didik Melalui Metode Team Game Tournament Berbantuan Domino Aljabar Pada Materi Operasi Aljabar Kelas 7D SMP Negeri 5 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 444-451. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29030
Section
Articles

References

Anni, C.T. (2006). Psikologi Belajar. Semarang: UNNES Press.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S., Suhardjono, Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Johnson, E. B. (2011). Contextual Teaching and Learning: menjadikan kegiatan belajar mengajar mengasyikkan dan bermakna. Bandung: Kaifa.
Nadhirin. 2008. Metode Pembelajaran Efektif (Online). (http://nadhirin.blogspot.com/2008/08/metode-pembelajaran-efektif.html, diakses 1 Oktober 2018)
OECD. 2016. PISA 2015: Result in Focus (Online). (http://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-result-in-focus.pdf, diakses 1 Oktober 2018)
Provasnik, S., D. Kastberg, D. Ferraro, N. Lenanski, S. Roey, & F. Jenkins. (2016). Highlights From TIMSS and TIMSS Advanced 2015: Mathematics and Science Achievement of U.S. Students in Grades 4 and 8 and in Advanced Cources at the End of High School in an International Context. Washington, DC: National Center for Education Statistics, Institute of Education Sciences, U.S. Department of Education.
Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV ALFABETA.
Yulianti, S.D, E.T Djatmika & Santosa. (2016). Pendidikan Karakter Kerja Sama dalam Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1): 50-59.