Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Self Efficacy Matematika Siswa Kelas VIII-B SMPN 13 Semarang

Main Article Content

Safrina Alam Ardiyani
Tri Hartanti
Isnarto Isnarto

Abstract

Hasil belajar siswa kelas VIII-B SMPN 13 Semarang perlu ditinjau lebih lanjut berdasarkan self efficacy (SE) matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan SE matematika siswa kelas VIII-B dengan menggunakan model Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus dengan tiga pertemuan untuk setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas VIII-B SMPN 13 Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui tes formatif dan skala SE matematika untuk setiap siklusnya. Analisis seluruh data terdiri atas data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai 94,29% dan SE matematika siswa VIII-B berada pada kategori tinggi, presentase siswa yang memiliki SE matematika tinggi, sedang, dan rendah berturut-turut 68,57%, 31,43%, dan 0%. Sedangkan pada siklus II ketuntasan klasikal hasil belajar siswa mencapai 83,77% dan SE matematika siswa VIII-B berada pada kategori tinggi, presentase siswa yang memiliki SE matematika tinggi, sedang, dan rendah berturut-turut 80%, 20%, dan 0%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan SE matematika siswa pada materi relasi dan fungsi kelas VIII-B SMPN 13 Semarang.

Article Details

How to Cite
Ardiyani, S. A., Hartanti, T., & Isnarto, I. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Self Efficacy Matematika Siswa Kelas VIII-B SMPN 13 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 479-489. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29036
Section
Articles

References

Alkusaeri. (2013). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Metode STAD. Beta, Vol. 6 No.2 (11), 108-124.
Alwisol. (2010). Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Asikin, M., K. Anwar, & Pujiadi. (2009). Cara Cepat & Cerdas Menguasai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru. Semarang: Manunggal Karso.
Bandura, A. (2006). Guide for Constructing Self Efficacy Scales. Self-Efficacy Beliefs of Adolescents by Information Age Publishing, 307-337.
Dzulfikar, A. (2013). Studi Literatur: Pembelajaran Kooperatif dalam Mengatasi Kecemasan Matematika dan Mengembangkan Self Efficacy Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogjakarta: Universitas Negeri Yogjakarta.
Hergenhahn, B. R. & M. H. Olson. (2012). Theories of Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hiriza. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SMP Negeri 3 Pagaralam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA). Palembang.
Hutagalung, D. D. (2016). Hubungan Self Efficacy dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mercumatika. Vol. 1 No. 1 (10), 33-43.
Peraturan Presiden No 87 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Raharjo, R. S., Triyanto, & H. E. Chrisnawati. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Lembar Kerja Berdasarkan Teori Bruner pada Pokok Bahasan Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi Vol. II No. 1 (1), 18-23.
Rosyada, A., Budiyono, & R. Setiawan. (2018). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dengan Pendekatan Problem Posing pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 14 Surakarta Tahun 2016/2017 Ditinjau dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM) Solusi Vol. II No. 1 (1), 24-33.
Slavin, R. E. (2011). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional. (Online). (http://sindiker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.pdf, diakses 22 Maret 2018].
Widoyoko, S. E. P. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.