Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika

Main Article Content

Rini Utami

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menyebabkan proses pembelajaran yang dilakukan juga harus mengikuti perkembangan teknologi. Pembelajaran bisa dilakukan secara online untuk mempermudah proses komunikasi antara pendidik dan peserta didik. Pembelajaran online tersebut dilakukan pada matakuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. Pembelajaran online yang dilakukan berbantuan Google Classroom. Google Classroom merupakan aplikasi yang memungkinkan terbentuknya kelas di dunia maya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif menggunakan metode survey. Instrumen untuk mengukur variabel-variabel penelitian dijabarkan ke dalam indikator-indikator penelitian. Instrument yang digunakan yaitu angket respon mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 2 program studi Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan. Respon yang baik ditunjukan oleh mahasiswa dalam penggunaan Google Classroom sehingga Google Classroom dapat digunakan untuk memperlancar proses pembelajaran

Article Details

How to Cite
Utami, R. (2019). Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 498-502. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29040
Section
Articles

References

Cech, Pavel, Vladimir Bures, and V. N. (2004). E-Learning Implementation at University. In Procedings of 3rd European Confrence on e-Learning (pp. 25–34). Paris, France.
Dhia Ghina Ramadhani Putri S. (2017). Communication Effectivness Of Online Media Google Classroom In Supporting The Teaching and Learning Process At Civil Engineering University Of Riau. JOM FISIP, 4(1), 1–15.
Dicky Pratama1), H. S. (2016). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Google Classroom Terhadap Efisiensi Pada STMIK XYZ. In Seminar Nasional Informasi Tehnologi 2016 (pp. 48–52).
Gunawan, F. I. (2017). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa SMK untuk Mendukung Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia (pp. 340–348). Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
H.M Burhan Bungin. (2011). Metode Penelitian Kuntitatif : Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik serta Ilmu-ilmu lainnya, Edisi Kedua (2nd ed.). Jakarta: Kencana Prenama Media Group.
Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-Statement, 2(1), 2–6.
Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh (2nd ed.). Bnadung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (8th ed.). Bandung: Alfabeta.
Viswanath Venkatesh, Michael G. Morris, Gordon B. Davis, F. D. D. (2003). User Acceptance of Information Technology : Toward a Unified View. MIS Quarterly, 27(3), 425–478