Peran Tutor Feedback dalam Model PBL pada Pencapaian Kemampuan Komunikasi Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif
Main Article Content
Abstract
Penguasaan matematika yang kuat sejak dini sangat penting diperlukan untuk dapat menguasai dan memanfaatkan teknologi di masa yang akan datang. Ketidakmampuan dalam mengaplikasikan pembelajaran matematika ke dalam kehidupan sehari-hari merupakan faktor utama bagi sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika. Proses pembelajaran matematika sebaiknya siswa diberi kesempatan memanipulasi benda-benda konkret yang dirancang secara khusus sehingga siswa dapat memahami suatu konsep matematika. Dalam proses memahami suatu konsep matematika diperlukan kemampuan komunikasi. Kemampuan komunikasi menjadi penting ketika siswa melakukan diskusi secara berkelompok, hal ini sesuai dengan model Problem Based Learning yang mendorong siswa aktif dengan kerja kelompok. Selain itu, pemusatan perhatian guru kepada siswa merupakan faktor penting terlaksananya model Problem Based Learning maka tutor feedback memberikan penguatan dalam memusatkan perhatian guru kepada siswa sedangkan gaya kognitif berperan sebagai sarana untuk membedakan siswa dalam menerima materi pembelajaran. Oleh karena itu, guru harus cermat dalam memberikan feedback kepada siswa berdasarkan gaya kognitifnya. Uraian kajian dalam makalah konseptual ini meliputi peran model Problem Based Learning dengan tutor feedback ditinjau dari gaya kognitif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis khususnya pada materi geometri.
Article Details
References
Amstrong, S.J., E. Cools, & E.S. Smith. 2011. Role of Cognitive Styles in Business and Management: Reviewing 40 Years of Research. International Journal of Managemnt Reviews, 14(3): 238-262.
Forrest, D.B. (2008). Communication Theory Offers Insight into Mathematics Teachers’ Talk. Jurnal the Mathematics Educator, 18(2): 23-32.
Hendriana, H dan Soemarmo, U. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Hendriani, Masrukan, & I. Junaedi. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Mandiri Siswa Kelas VII Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Pembelajaran Model 4K. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 71-79.
Hodiyanto, H. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219-228.
Kaya, D., & Aydin, H. 2016. Elementary mathematics teachers' perceptions and lived experiences on mathematical communication. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(6): 1619-1629.
Kibar, P. N., & Akkoyunlu, B. 2016. University Students' Visual Cognitive Styles with respect to Majors and Years. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 12(2): 321-333.
Maharani, I. P., & Subanji, S. 2018. Scaffolding Based on Cognitive Conflict in Correcting the Students’ Algebra Errors. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(2): 67-74.
Marlissa, I., & Widjajanti, D. B. 2015. Pengaruh Strategi REACT Ditinjau dari Gaya Kognitif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Prestasi Belajar dan Apresiasi Siswa terhadap Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 186-196.
Mulbar, U. 2015. Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika dengan Memanfaatkan Sistem Sosial Masyarakat. Jurnal Cakrawala Pendidikan (2): 278-287.
Mayer, R. E., & Massa, L. J. 2003. Three facets of visual and verbal learners: Cognitive ability, cognitive style and learning preference. Journal of Educational Psychology, 95(4), 833–846.
Paruntu, P. E., Sukestiyarno, Y. L., & Prasetyo, A. P. B. 2018. Analysis of Mathematical Communication Ability and Curiosity Through Project Based Learning Models With Scaffolding. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 26-34.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Saputro, Masrukan, & Agoestanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Menggunakan Problem Based Learning Bertema dengan Strategi Scaffolding pada Materi Segiempat. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 239-248.
Singer, F. M.,Voica, C., & Pelczer, I. 2017. Cognitive Styles in Posing Geometry Problems: Implications for Assessment of Mathematical Creativity. ZDM, 49(1): 37-52.
Taras. 2001. The Use of Tutor Feedback and Student Self-Assessment In Summative Assessment Tasks: Towards Transparency for Students and for Tutors. Assessment & Evaluation in Higher Education, 26(6): 605-614.
Witkin, H.A., Moore, C.A., Goodenough, D.R., et al. 1977. Field-dependent and fieldindependent cognitive styles and their educational implications. Review of Educational Research, 47(1): 1-64
Zinn, C. 2006. Supporting Tutorial Feedback to Student Help Requests and Errors in Symbolic Differentiation. In International Conference on Intelligent Tutoring Systems. Springer, Berlin, Heidelberg: 349-359