Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Self Efficacy pada Setting Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM

Main Article Content

Muhammad Nur Chalim
Scolastika Mariani
Kristina Wijayanti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa SMK yang memperoleh pembelajaran PjBL STEM ditinjau dari self efficacy. Jenis penelitian ini adalah penelitian mixed methods dengan explanatory sequential design. Populasinya adalah siswa kelas XI SMK Negeri 7 Semarang tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI-3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-1 sebagai kelompok kontrol pada Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton. Subjek penelitian 6 siswa yang dipilih dari 2 siswa self efficacy kelompok atas, 2 siswa self efficacy kelompok tengah, dan 2 siswa self efficacy kelompok bawah. Pengumpulan data meliputi tes, angket, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan uji proporsi dan uji t. Hasil dari penelitian ini adalah (1) kemampuan komunikasi matematis yang memperoleh pembelajaran PjBL STEM mencapai ketuntasan belajar klasikal, (2) rata-rata kemampuan komunikasi matematis yang memperoleh pembelajaran PjBL STEM lebih dari rata-rata kemampuan komunikasi matematis yang memperoleh pembelajaran DL, (3) siswa pada self efficacy kelompok atas mampu mencapai keenam indikator kemampuan komunikasi matematis dengan sangat baik, siswa pada self efficacy kelompok tengah mencapai keenam indikator kemampuan komunikasi matematis tetapi ketercapaian pada indikator menggunakan operasi matematika dan menyajikan gambar kurang sempurna, dan siswa pada self efficacy kelompok bawah belum mampu mencapai indikator menggunakan operasi matematika dan menyajikan gambar dengan baik.

Article Details

How to Cite
Chalim, M. N., Mariani, S., & Wijayanti, K. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK Ditinjau dari Self Efficacy pada Setting Pembelajaran Project Based Learning Terintegrasi STEM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 540-550. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29049
Section
Articles

References

Abdullah, I. 2013. The Influence of Horizontal Equity, Self Efficacy, and Ethical Position on the Creation of Budgetary Slack. Virginia Commonweatlh University. Tersedia di https://scholarscompass.vcu.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=4147&context=etd
Ambarwati, Dwijanto, & P. Hendikawati. 2015. Keefektifan Model Project Based Learning GQM Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2): 180-186.
Bandura, A. 1997. Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: Stanford University.
Dugger, W. E. n.d. Evolution of STEM in the United States. International Technology and Engineering Educators Association.
Elliot, P. C., & Kenny, M. J. 1996. Communication in Mathematics, K-12 and Beyond. USA: NCTM.
Kumalaretna, W. N. D., Mulyono. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Karakter Kolaborasi dalam Pembelajaran Project Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2): 195-205.
Laboy-Rush, D. n.d. Integrated STEM Education through Project-Based Learning. Learning.com.
Lomibao, L. S., Luna, C. A., & Namoco, R. A. (2016). The Influence of Mathematical Communication on Students' Mathematics Performance and Anxiety. American Journal of Education Research, 4, 378-382. Tersedia di http://pubs.sciepub.com/education/4/5/3/index.html
Novferma, N. 2016. Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1): 76-87.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United Sates of America: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc.
Paruntu, P. E., Sukestiyarno, & A. P. B. Prasetyo. 2018. Analysis of Mathematical Communication Ability and Curiosity Through Project Based Learning Models With Scaffolding. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1): 26-34.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Kurikulum SMK/MAK
Putrisari, F., I.M. Hambali, & D. M. Handarini. 2017. Hubungan self efficacy, self esteem, dan perilaku prokrastinasi siswa madrasah aliyah negeri di Malang. Jurnal Bimbingan dan Konseling,1(1): 60-68.
Ritz, J. M., & Fan, S. 2014. STEM and Technology Education: International State of the Art. International Journal of Technology and Education, 25(4): 1-23.
Schwarzer, R., & M. Jerusalem. 1995. Generalized Self Efficacy Scale. Tersedia di http://userpage.fu-berlin.de/~health/selfscal.htm
The Literacy and Numeracy Secretariat. 2010. Capacity Building Series. Ontario.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Usher, E. L., & F. Pajares. 2009. Sources of Self Efficacy in Mathemathics: A Validation Study. Contemporary Educational Psychology, 34: 89-101.