Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E (Elicit, Engange, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, and Extend)

Main Article Content

Uswatun Hasanah
Nuriana Rachmani Dewi
ISnaini Rosyida

Abstract

Kemampuan kognitif adalah salah satu aspek penting yang harus dimiliki siswa. Namun, kemampuan afektif juga penting untuk dimiliki siswa,  karena kemampuan afektif merupakan kemampuan penunjang agar pendidikan Indonesia dapat lebih baik. Salah satu faktor keberhasilan siswa yaitu faktor internal dan salah satunya adalah self-efficacy. Keyakinan akan kemampuan didalam diri sangat diperlukan agar dapat bersaing dalam era globalisasi dan dunia kerja, karena siswa perlu memiliki keyakinan mengenai kemampuan–kemampuan yang ada dalam dirinya untuk mengatasi beranekaragam situasi yang muncul dalam hidupnya. Self-efficacy mengacu pada persepsi tentang kemampuan individu untuk mengorganisasikan dan mengimplementasikan tindakan untuk menampilkan kecakapan tertentu.  Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika adalah model pembelajaran Learning Cycle 7E. Model ini merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga pembelajar dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan jalan berperan aktif. Pada penggunaan model Learning Cycle 7E ini, selain mengembangkan sikap ilmiah siswa, model ini juga bisa meningkatkan motivasi serta aktifitas siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi yang sedang dibahas dan prestasi belajar matematika siswa serta keyakinan akan kemampuan diri sendiripun meningkat. Dengan adanya pembelajaran menggunakan model Learning Cycle 7E diharapkan dapat meningkatkan self-efficacy siswa didalam pembelajaran matematika.

Article Details

How to Cite
Hasanah, U., Rachmani Dewi, N., & Rosyida, I. (2019). Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E (Elicit, Engange, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, and Extend). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 551-555. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29053
Section
Articles

References

Bandura, A. 1997. Self-efficacy – The Exercise of Control (Fifth Printing, 2002). New York: W.H. Freeman & Company
Bandura, A. 2006. Article of guide for Contructing Self-efficacy Scales. by Information Age Publishing.
Eisenkraft, A. 2003. Expanding the 5E Model. The Science Teacher. Sept.:56-59. Reprented with permission from The Science Teacher (70(6): 56-59), a journal for high school science educators published by the National Science Techers Association (www.nsta.org)
Ghufron, M.N & Risnawita, R.S. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: ArRuzz.
Ngalimun., Fauzani, M., & Salabi, A. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Sritresna, Teni. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Selfconfidence Siswa Melalui Model Pembelajaran Cycle 7e. Mosharafa. 6(3),419-430
Sunaryo, Yoni. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di MTs N 2 Ciamis. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA). 1(2), 39-44
Suyanto, & Jihad, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi.
Yunianti Elis. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 1 Parigi: E- JurnalMitra Sains. 4(1), 92-100