Upaya Pengembangan untuk Capaian Literasi Matematika

Main Article Content

Siti Faiqotul Ulya
Wardono Wardono

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu hal penting dalam menentukan maju atau mundur suatu bangsa. Dengan ini pendidikan memegang peranan yang sangat penting dalam menciptakan generasi bangsa yang nantinya mampu menyeimbangi lajunya perkembangan ilmu pengetahuan, baik itu dibidang matematika dan lainnya. Matematika adalah alat penting bagi siswa saat mereka menghadapi masalah dan tantangan dalam aspek pribadi, pekerjaan, masyarakat, dan aspek ilmiah dalam kehidupan mereka. Dengan demikian siswa dituntut untuk kemampuan dan keterampilan dalam bidang matematika. Salah satu kemampuan yang terlibat yaitu kemampuan literasi matematika. Dimana kemampuan literasi matematika yang dimiliki harus mengalami perkembangan untuk mencapai literasi matematika yang baik.  Hal ini mengakibatkan tantangan bagi siswa untuk selalu mengeksplor kemampuan literasi matematika. Terkait dengan permasalahan yang ada, makalah ini akan menjawab beberpa hal yang berkaitan dengan pengembangan dan capaian literasi matematika. Lebih fokusnya akan menjawab pertanyaan mengenai upaya pengembangan untuk capaian literasi matematika yang diinginkan.

Article Details

How to Cite
Ulya, S. F., & Wardono, W. (2019). Upaya Pengembangan untuk Capaian Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 589-596. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29070
Section
Articles

References

Graven, M. Venkat, H. 2007. Emerging Pedagogic Agendas in The Teaching of Mathematical Literacy. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education. 11(2): 67-84.
Mahdiansyah & Rahmawati. 2014. Literasi Matematika Jenjang Jenjang Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(4), 452-469.
Masilo, F. M. 2018. Pedagogical Demands in Mathematics and Mathematical Literacy: Acase of Mathematics and Mathematical Literacy Teachers and Fasilitators. EURASIA Jurnal of Mathematcs Sciens and Technology Education, 14(1): 95-108.
OECD. 2009. Assesment Framework KeyCompetencies i Reading, Mathematics and Science. Paris: OECD.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Wardono, S.B. Waluya, S. Mariani & S. Candra. D. 2016. Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo. Journal of Physics:Conference Series 693 (2016) 012014.