Pentingnya Fast Feedback Terhadap Komunikasi Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika

Main Article Content

Ignasia Santi Kumala Swari
Kartono Kartono
Walid Walid

Abstract

Penguasaan literasi merupakan indikator paling penting dalam meningkatkan prestasi siswa. Penguasaan literasi harus menjadi modal utama dalam mewujudkan bangsa yang cerdas dan berbudaya. Literasi matematika adalah kekuatan untuk mengunakan pemikiran matematika dalam pemecahan masalah sehari-hari agar lebih siap menghadapi tantangan kehidupan. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Programme for Interantional Student Assessment (PISA), menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematika siswa di Indonesia masih rendah, Indonesia berada dibawah rata-rata Internasional. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa yaitu dengan meningkatkan kompetensi yang diperlukan dalam literasi matematika. Salah satu kompetensi yang diperlukan yaitu kemampuan komunikasi matematika. Kemampuan komunikasi matematika siswa dapat ditingkatkan dengan pemberian latihan yang memadai dalam melatih komunikasi siswa. Selain itu, pemberian umpan balik cepat (fast feedback) juga penting diberikan oleh guru pada saat mengoreksi tugas siswa yaitu dengan memberikan informasi tambahan berupa penjelasan letak kesalahan atau memberikan motivasi secara verbal/tertulis. Melalui fast feedback, siswa dapat mengoreksi kemampuan diri sendiri, dengan kata lain fast feedback dapat digunakan sebagai sarana korektif terhadap kemajuan siswa itu sendiri. Oleh karena melalui latihan serta fast feedback yang diberikan, komunikasi matematika siswa dapat terlatih, sehingga dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika.

Article Details

How to Cite
Swari, I. S. K., Kartono, K., & Walid, W. (2019). Pentingnya Fast Feedback Terhadap Komunikasi Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 659-667. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29214
Section
Articles

References

Arikunto, Suhrsimi, Dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Armiati. 2009. Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Berbasis Masalah. Disajikan dalam Semnas Matematika UNPAR. Bandung.
Berg, Ed Van Den, Ron Volk, Willem Bustraan. 2008. Fast Feedback
Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: PT Rineka Cipta
Izzati & Suryadi. 2010. Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Makalah. Diseminarkan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika di Universitas Negeri Yogyakarta.
Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston VA: NCTM.
OECD. 2016. PISA 2015 Result Excellence and Equity in Education Vol 1. Paris: OECD Publisher
OECD. 2017. PISA 2015 Assesment and Analytical Framework: Mathematics, Raeding, Science, Problem Solving and Financial Literacy. Paris: OECD Publisher
Ojose, B. 2011. Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education 4(1):89-100.
Rahayu, S. 2016. Pengaruh Pemberian Umpan Balik Terhadap Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Jurnal e-DuMath, 2(2), 218-223
Ramdani, Y. 2012. Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan 13(1):44-52
Rifai & Wutsqa. 2017. Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri Se-Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2):152-162
Djamarah, Z. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Son, A L. 2015. Pentingnya Kemampuan Komunikasi Matematika Bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Gema Wiralodra, 8(1)
Stecey, K & Tuner, R. 2015. Assessing Mathematical Literacy: The PISA experience. Australia: Springer.
Sumarmo, U. 2003. Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makalah. Bandung: UPI.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana
Prenada Media Group.
Van de Walle. (2008). Matematika sekolah dasar dan menengah : Pengembangan pengajaran jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Wahyudi & Kriswandani. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Salatiga: Widya Sari.
Widyaningrum, D. 2016. Analisis Komunikasi Matematik Siswa Berdasarkan Kepercayaan Diri Pada Pembelajaran Reciprocal Berbantuan Media Wayang. (Master's Thesis). Universitas Negeri Semarang. Semarang
Zainiyah & Marsigit. 2018. Literasi Matematika: Bagaimana jika Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kelas Tinggi?. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4 (1):5-14