Penggunaan Modul Agito dalam Pembelajaran Matematika SMA/SMK untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika

Main Article Content

Hendi Widi Priyonggo
Wardono Wardono
Tri Sri Noor Asih

Abstract

Memasuki abad ke-21 kehidupan umat manusia berkembang dengan pesat dan menjadi lebih komplek. Butuh banyak kemampuan agar selalu dapat bersaing dengan yang lainya. Kemampuan itu dikenal dengan kemampuan abad ke-21 yang disebut kemampuan 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, Collaboration). Untuk menguasi kemampuan tersebut matematika menjadi salah satu solusi melalui literasi matematika dan pemecahan masalah. Literasi matematika dan pemecahan masalah memberikan kesemapatan bagi siswa untuk menumbuhkan setiap kemampuan abad ke-21 melalui proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran ini berkembang banyak sekali sarana belajar yang menggunakan perkembangan teknologi. Salah satunya adalah modul Agito. Modul ini adalah modul berbasis website yang yang menggunakan tahapan-tahapan pembelajaran berbasis masalah. Modul Agito menggunakan media film pendek untuk memperkenalkan permasalahan sehari-hari yang akan menjadi dasar dalam pemecahan masalah.

Article Details

How to Cite
Priyonggo, H. W., Wardono, W., & Asih, T. S. N. (2019). Penggunaan Modul Agito dalam Pembelajaran Matematika SMA/SMK untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 668-678. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29215
Section
Articles

References

Afgani, M.W., Darmawijoyo, Purwoko. 2008. Pengembangan Media Website Pembelajaran Materi Program Linear Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika .Vol 2. No 2.
Cho,Y.H., Caleon, S.I., Kapur, M. 2015. Authentic Problem Solving and Learning in the 21st Century Perspectives from Singapore and Beyond. Singapura : Springer.
Edson, A.J. 2017. Learner-controlled scaffolding linked to open-ended problems in a digital learning environment. ZDM Mathematics Education. DOI 10.1007/s11858-017-0873-5
Griffths, V.L. 1982. Masalah Pendidikan di Daerah Pedesaan. Jakarta : Bhratara Karya Aksara dan UNESCO.
Hamdunah, Yunita, A., Muhafzan, Z. 2016. Development A Constructivist Module And Web On Circle And Sphere Material With Wingeom Software. Journal on Mathematics Education.Volume 7.No. 2. pp. 109-116. ISSN 2087-8885 E-ISSN 2407-0610
Harnata, P.P.E. dkk. 2014. Penggunaan Media Film Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas X2 Di Sma Negeri 1 Tampaksiring. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha.
Hendikawati, P., Arifudin, R. & Zahid, M.Z. 2017. Development of computer-assisted instruction application for statistical data analysis android platform as learning resource. IOP Journal of Physics : Conf. Series. No. 983 doi :10.1088/1742-6596/983/1/012057
Husmiati, R. 2010. Kelebihan Dan Kelemahan Media Film Sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah Lontar.Vol.7 No.2
Ibrahim, A. Alqahtani, A.S.H. 2018. The Impact of Adopting Web 2.0-Based E-Book on Student Learning Skills. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, Vol 14. No.6, 2509-2522.
Kurniawan, H. Zulkardi. 2017. Pengembangan Web Support Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas Jurusan Ipa Pokok Bahasan Trigonometri. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 11, No 1
Makhmudah, S. 2018. Analisis Literasi Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika dan Pendidikan Karakter Mandiri. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika
Sari, R.H.N. 2015. Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana?. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny. ISBN. 978-602-73403-0-5.
Supandi ,L.Ariyanto, W.Kusumaningsih, A.N.Aini.2018. Mobile phone application for mathematics learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Volume 983 no.012106
Wang, T. 2018. Developing a Web-based Assessment System for Evaluating Examinee’s Understanding of the Procedure of Scientific Experiments. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(5), 1791-1801
Wardono, Mariani, S. 2017. The analysis of mathematics literacy on PMRI learning with media schoology of junior high school students. IOP Conf. Series: Journal of Physic. Series 983 (2018) 012107 doi :10.1088/1742-6596/983/1/012107
Wardono, Waluya, S.B., Mariani, S., Candra, D.S. 2016. Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo. IOP Journal of Physics.. Series 693 (2016) 012014 doi:10.1088/1742-6596/693/1/012014
Zubaidah, S. 2017. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. ResearchGate. No 3