SELF-DIRECTED UNTUK MEMAKSIMALKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA

Main Article Content

Hilda Arifani
Adi Nur Cahyono
Sunyoto Eko Nugroho

Abstract

Uji literasi dalam PISA 2009 menunjukkan bahwa peserta didik Indonesia berada pada peringkat ke-61 dengan skor 396 (skor rata-rata OECD 493), sedangkan PISA 2012 menunjukan peserta didik Indonesia berada pada peringkat ke-64 dengan skor 396 (skor rata-rata OECD 496) dan PISA 2015 berapa pada peringkat-63 dengan skor 397 (skor rata-rata OECD 493). Menengok paparan skor rata-rata menunjukan rendahnya kemampuan literasi, membuktikan bahwa proses pendidikan belum mengembangkan kompetensi dan minat peserta didik terhadap pengetahuan. makalah ini bertujuan untuk mengetahui bahwa self directed untuk memaksimalkan kemampuan literasi matematika dilihat dari sudut pandang kajian pustaka yang ada. Kemampuan literasi matematika dapat dimaknai dengan kebiasaan peserta didik dalam memecahkan masalah. Peserta didik harus dapat mengekplorasi, menghubungkan dan menalar secara logis serta mengunakan metode matematis yang beragam. Komponen utama ini digunakan untuk memudahkan pemecahan masalah sehari-hari yang sekaligus dapat mengembangkan kemampuan matematikanya. Untuk mengembangkannya harus didukung oleh self directed yang tinggi dalam tumbuh kembangnya peserta didik dalam merencanakan aktivitas, sumber, dan strategi belajar. Sehingga secara tidak langsung akan mempengaruhi kemampuan literasi matematika.

Article Details

How to Cite
Arifani, H., Cahyono, A. N., & Nugroho, S. E. (2019). SELF-DIRECTED UNTUK MEMAKSIMALKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 698-703. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29240
Section
Articles

References

Cheema, J.R. 2017. Effect of math-specific self-efficacy on math literacy: Evidence from a Greek survey. Research in Education. 0(0):1-24.
Conradie, P.W. 2014. Supporting Self-Directed Learning by Connectivism and Personal Learning Enviroment. Internasional Journal of Information and Education Technology. 3(4):254-259.
Department of Education (DOE). (2008). National Curriculum Statement Grades 10-12 (General) Mathematical Literacy. Pretoria: Department of Education.
Gibbons, M. 2002. The Self Directed Handbook: Challenging Adolescent Student to Excel. Jossey Bass: San Francisco.
Guglielmino, L.M. 2008. Why self directed learning?. International Journal of Self Directed Learning. 5(1):1-14.
Knowles, M.S. 1975. Self Directed Learning a Guide for Learners and Teachers. Cambrige : USA.
Lestari, K.E & Yudhanegara, M.R.2017. Penelitian Pendidikan Matematika. PT Retika Aditama : Bandung.
Machaba, M, F. 2018. Pedagogical Demands in Mathematics and Mathematical Literacy: A Case of Mathematics and Mathematical Literacy Teachers and Facilitators. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education. 14(1):95-108.
NCTM, Principles and Standards for School Mathematics, Reston: NCTM, 2000.
OECD. (2013). PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do Student Performance In Mathematics, Reading and Science Volume I. Paris: OECD Publications.
Ojose, B. 2011. Mathematics Literacy: Are We Able To Put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education. 4(1): 89-100.
Programme for International Student Assessment. 2012. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework-Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial literacy. OECD Publishing.
Programme for International Student Assessment. 2018. PISA 2015 Assessment and Analytical Framework-Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial literacy. OECD Publishing.
United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. 2014. Teaching and Learning: Achieving quality for all. UNESCO Publishing.