Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence

Main Article Content

Ika Nurhaqiqi Noviyana
Nuriana Rachmani Dewi
Rochmad Rochmad

Abstract

Pembelajaran matematika tidak hanya membentuk siswa menjadi paham dengan materi-materi matematika saja, akan tetapi kemampuan lain yang dimiliki siswa ditumbuhkan dalam pembelajaran matematika seperti kemampuan berpikir matematis. Salah satu jenis kemampuan berpikir matematis yaitu kemampuan komunikasi matematis. Kemampuan komunikasi merupakan salah satu bagian penting dalam matematika, karena merupakan alat bantu dalam transmisi pengetahuan matematika atau sebagai pondasi dalam membangun pengetahuan matematika. Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan siswa dalam menyampaikan sesuatu yang diketahui seperti konsep, rumus, dan strategi penyelesaian masalah. Selain itu, self-confidence juga merupakan salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika, karena seseorang yang memiliki rasa percaya diri akan yakin dengan kemampuannya untuk menyelesaikan suatu masalah. Memiliki self-confidence yang kuat akan membantu memotivasi siswa untuk dapat meningkatkan kemampuan dan prestasinya dalam matematika. Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence dapat dikembangkan secara bersamaan dalam proses pembelajaran, caranya dengan membimbing siswa dalam menyelesaikan masalah dengan mengikuti tahapan-tahapan dalam menyelesaikan masalah, mulai dari menuliskan masalah, mengubah masalah dalam bentuk notasi matematika, hingga menyelesaikan masalah tersebut dan mempresentasikan hasil pemikirannya.

Article Details

How to Cite
Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad, R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 704-709. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29241
Section
Articles

References

Agustyaningrum, N & Widjajanti, DB. (2013). Pengaruh Pendekatan CTL dengan Setting Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis, Kepercayaan Diri, dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 2 (171 – 180).
Asikin M & Junaedi I. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Smp Dalam Setting Pembelajaran Rme (Realistic Mathematics Education). Unnes Journal of Mathematics Education Research 2 (4).
Delina, Afrilianto & Rohaeti. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self Confidence Siswa Smp Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovativ, 1(3), 281-288.
Hendriana, Slamet & Sumarmo. (2014). Mathematical Connection Ability And Self-Confidence (An experiment on Junior High School students through Contextual Teaching and learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, Vol. 8 No. 1.
Megawati. (2010). Perbedaan Self Confidence Siswa Smp Yang Aktif Dan Tidak Aktif Dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (Osis) Di Smpn 1 Perbaungan. (Online). (http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/18153/Chapter%20II.pdf?sequence=3, diakses 22 September 2018).
Mullis IVS, et al. (2016). TIMSS 2015 Internasional Result in Mathematics. Boston College: IEA.
Parsons, S., Croft, T. and Harrison, M. (2011). Engineering Students’ Self-Confidence In Mathematics Mapped Onto Bandura’s Self-Efficacy. Engeenering Education, 6.1, 52-61
Salam, R. (2017). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Dan Komunikasi Matematis. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 20 (2), 108-116.
Sufi, LF. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I).
Sumarmo, U. (2015). Pengembangan dan Contoh Butir Skala Nilai, Karakter, Budaya Dan Aspek Afektif lain dalam pembelajaran matematika.
Sumartini, TS. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika.
Surya, E. (2018). Effect of Problem Based Learning Toward Mathematics Communication Ability and Self-Regulated Learning. Journal of Education and Practice.
Tinungki, GM. (2015). The Role of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization to Improve the Students’ Mathematics Communication Ability in the Subject of Probability Theory. Journal of Education and Practice (p.27–31).
Wahyuni, S. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum pada Mahasiswa Psikologi. e-Jornal Psikologi, 2(1), 50-64