Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Brain Based Learning Berbantuan Powtoon

Main Article Content

Umi Arifah
Hardi Suyitno
Nuriana Rachmani Dewi

Abstract

Matematika mempunyai peran yang sangat penting dalam membangun kemampuan berpikir siswa. Salah satu kelemahan proses pembelajaran di sekolah yang dilaksanakan oleh guru adalah kurang adanya usaha pengembangan kemampuan berpikir. Salah satu kemampuan berpikir yang menjadi perhatian kini yaitu kemampuan berpikir kritis matematis. Kemampuan berpikir yang diberdayakan secara optimal juga ditunjang dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Brainbased learningmenawarkansebuahkonsepuntuk menciptakanpembelajarandenganberorientasipadaupayapemberdayaanpotensi otak siswa. Tiga strategi utama yangdapat dikembangkan dalamimplementasi brainbased learning.Pertama, menciptakanlingkunganbelajaryangmenantangkemampuanberpikir siswa (orchestrated immersion).Kedua menciptakanlingkunganpembelajaran yangmenyenangkan (relaxed allertness).Ketiga menciptakansituasi pembelajaran yangaktifdanbermaknabagisiswa (active learning). Brain based learning dalam pembelajarannya menekankan musik sebagai bantuannya, dengan cara mendengarkan musik maka kerja otak dapat optimal dalam berpikir. Oleh karena itu brain based learning berbantuan powtoon adalah salah satu alternatif model yang berbantuan dengan media pembelajaran. Berdasarkan teori-teori yang telah dikaji, kemampuan berpikir kritis matematis dapat ditingkatkan melalui model brain based learning berbantuan powtoon.

Article Details

How to Cite
Arifah, U., Suyitno, H., & Rachmani Dewi, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Brain Based Learning Berbantuan Powtoon. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 718-723. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29258
Section
Articles

References

Ardiasih, R. T. (2009). Eksperimen Pembelajaran Matematikamelalui Brain Based Learning pada Pokok BahasanMatriks ditinjau dari Keaktifan Siswa. SkripsiDipublikasikan, FKIP UMS, Surakarta.
Duman, B. (2006). The effect of Brain Base Instruction to Improve on Students'Academic Achievement in Social Studies Instruction. InternationalConference on Engineering Education. Turkey: Mugla University.
Fathurrohman, P. & Sutikno. (2009). Strategi Belajar Mengajar-Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama.
Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis:Sebuah Pengantar. (Terjemahan Benyamin Hadinata). Jakarta: Erlangga.
Given, B. K. (2007). Brain-Based Teaching. (L. H. Dharma, Penerj.) Bandung: Kaifa.
Gozuyesil, E. & Dikici, A. (2014). The Effect of Brain Based Learning on Academic Achievement: A Meta-analyt ical Study. Journal of Educational Science, vol. 14, pp. 642-648.
Jensen, E. (2008). Brain-Based Learning (Edisi Revisi). (N. Yusron, Penerj.) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Karim, A. 2011. Penerapan Metode Penemuan Terimbing Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Prosiding, Seminar Dan Musyawarah Nasional PGSD Yang Diselenggarakan Oleh FKIP Universitas Al-Muslim, Kota: Universitas Alislam. (online). (Http://Jurnal.Upi.Edu/File/3-Asrul_Karim.Pdf. diakses 22 Januari 2016)
Kuswana, W.S. (2013). Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maftukhin, M. 2013. Keefektifan Model Pembelajaran CPS Berbantuan CD Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Pokok Geometri Kelas X. Skripsi, Dipubikasikan. Universitas Negeri Semarang. (online). (Http://Lib.Unnes.Ac.Id/18820/1/4101409026.Pdf. diakses 19 Januari 2016)
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya. Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1 Januari-Juni Ejournal.Uin-Suska.Ac.Id/Index.Php/Anida/Article/Download/310/293
Ozden, M. & Mehmet, G. (2008). The Effect of Brain Based Learning onAcademic Achievement and Retent ion of Knowledge in Science Course.Journal of Science Education, vol. 12 no. 1.
Saparina, R., Santosa, S., Maridi. (2015). Pengaruh Model Brain Based Learning (Bbl) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Sma Negeri ColomaduTahun Pelajaran 2012/2013. Volume 4,Nomor 1. 4(1):59- 65, April 2015
Suryani, A. 2013. Keefektifan Creative Problem Solving (CPS) Dengan Pemanfaatan CD Pembelajaran Dan Alat Peraga Terhadap Sikap Kreatif Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII MTS Miftakhul Khoirot Tahun Pelajaran 2011/2011 Pada Materi Pokok Persegi Dan Belah Ketupat. Skripsi, Dipublikasikan. Universitas Negeri Semarang. (online). (Http://Lib.Unnes.Ac.Id/17440/1/4101408080.Pdf. diakses 1 Februari 2016).