Tinjauan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah pada Materi Program Linier Siswa SMK Negeri 1 Painan dengan Penerapan Strategi React

Main Article Content

Titi Sumarni
Fahkrullah I Tama Umar

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah ini erat kaitannya dengan komponen pemahaman matematika siswa dengan kata lain siswa yang telah memiliki kemampuan pemahaman terhadap konsep-konsep matematika, maka ia mampu menggunakannya untuk memecahkan masalah.Salah satu strategi pembelajaran yang tepat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah yaitu strategi REACT. Strategi ini adalah strategi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Strategi REACT merupakan strategi pembelajaran kontekstual terdiri atas lima strategi yang harus tampak yaitu : (1)Relating(mengkaitkan), (2)Experiencing(mengalami), (3)Applying(menerapkan), (4) Cooperating(bekerjasama), (5) Transferring(mentransfer).


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah pada materi program linier siswa kelas X SMK Negeri 1 Painan dengan menerapkan strategi REACT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Negeri 1 Painan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 34 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan pada pemahaman konsep dan pemecahan masalah siswa. Pada siklus I peningkatannya sebanyak 87% dan 60% dalam pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Pada siklus II peningkatannya menjadi 88% dan 85% berdasarkan hasil di atas kita dapat menyimpulkan bahwa penggunaan strategi REACT dapat memperdalam pemahaman konsep siswa terhadap materi yang telah dipelajari.

Article Details

How to Cite
Sumarni, T., & Tama Umar, F. I. (2019). Tinjauan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah pada Materi Program Linier Siswa SMK Negeri 1 Painan dengan Penerapan Strategi React. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 732-736. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29260
Section
Articles

References

Depdikbud. 1994. Garis-Garis Besar Program Pengajaran Matematika. Jakarta : Depdikbud
Madya, Suwarsih. 2006. Teori danPraktik Penelitian Tindakan Action Research. Bandung : Alfabeta Bandung.
NCTM, 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia
Oktianan Dwi Putra Herawati dkk, 2010. Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 4 No 1.
Sumarmo, U, 1994. Suatu Alternatif Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMA Kodya Bandung. Laporan Penelitian. Bandung : IKIP Bandung. Tidak Diterbitkan
Sumarmo, U, 2003. Pembelajaran Keterampilan Membaca Matematika. Makalah. Bandung : IKIP Bandung. Tidak Diterbitkan
Sumarmo, U, 2005. Pengembangan Berpikir Matematika Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu (S1) melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran. Laporan Penelitian Lemlit UPI. Tidak Diterbitkan