PBL Berbantuan Framon Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII H SMP N 10 Semarang Tahun 2018

Main Article Content

Masriah Masriah
Esti Purwaningsih
Rochmad Rochmad

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik kelas VII H SMP N 10 Semarang melalui modelĀ  PBL berbantuan framon pada materi pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Pelaksanaan tiap siklus dalam penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 32 peserta didik kelas VII H SMPN 10 Semarang. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, jurnal dan tes. Teknik analisis data terdiri atas data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah meningkat dengan persentase ketuntasan klasikal 22% pada pra siklus, 62,5% siklus I, dan 78,13% pada siklus II. Hasil pengamatan terhadap motivasi belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dengan kriteria 30% pada pra siklus, 52,5% siklus I, dan 74% pada siklus II. Simpulan yang diperoleh adalah kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik melalui model pembejaran PBL berbantuan framon materi pecahan peserta didik kelas VII H meningkat. Saran dari penelitian ini adalah model pembelajaran PBL berbantuan framon dapat menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam membelajarkan materi pecahan.

Article Details

How to Cite
Masriah, M., Purwaningsih, E., & Rochmad, R. (2019). PBL Berbantuan Framon Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII H SMP N 10 Semarang Tahun 2018. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 764-769. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29266
Section
Articles

References

Djamarah, et al.2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Elivias, D. 2014. Modifying A Monopoly Game for Teaching Written Vocabulary for The Seventh Graders of Terang Bangsa Junior High School. English Educational Journal: vol.4 No.2.
National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics.Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.
Pratiwi. 2013. Meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan media gambar. Skripsi UNY.
Santrock, J. W. 2007. Psikologi Perkembangan. Edisi 11 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Subroto, A, G. 2016.Pemanfaatan Media Monopoliuntuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Sugihwaras Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2015/2016.Jurnal Florea Volume 3 No. 2. Nopember 2016 (49-54).
Yulistiani, M. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantu Software Prezi dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Semester II. Semarang: Universitas PGRI Semarang.