Kreativitas Matematis Siswa Pada Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Berbasis Android Studio

Main Article Content

Sri Mulyati
Wardono Wardono

Abstract

Guru memiliki perananpenting demi tercapainya kegiatan pembelajaran di sekolah. Penggunaan media dan model Pembelajaran menentukan tercapainya pembelajaran yang dilakukan guru. Model pembelajaran Discovery Learningmemberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktif, guru harus dapat membimbing dan mengarahkan kegiatan belajar siswa sesuai dengan tujuan. Kondisi ini merubah kegiatan belajar mengajar yang teacher oriented menjadi student oriented.  Keaktifan siswa dalam pembelajaran dapat didukung dengan media pembelajaran. Handphone/smartphone sebagai salah satu produk alat telekomunikasi terkini dan ter-update di tengah kemajuan era globalisasi teknologi komunikasi dan informasi memiliki fenomena tersendiri bagi dunia pendidikan khususnya bagi guru dan siswa. Handphone (Hp)/mobile phone/telepon selular/smartphone menggunakan Open sistem operasi open source yaitu sebuah sistem operasi dengan sumber terbuka yang memungkinkan para user untuk mengembangkannya secara terbuka, salah satunya Android.Aplikasi yang digunakan untuk media pembelajaran discovery learning adalah Android Studio. Android Studio dipilih karena memiliki banyak fitur yang memudahkan para pembuat program. Selain memiliki banyak fitur, Android Studio juga memiliki banyak library yang sudah siap untuk digunakan. Implementasi Discovery Learning, memberi kesempatan siswa untuk menjadi  problem solver,scientishistorin, atau ahli matematika. Pengembangan Android Studio sebagai media pembelajaran discovey leraning dapat meningkatkan kreativitas matematis siswa.

Article Details

How to Cite
Mulyati, S., & Wardono, W. (2019). Kreativitas Matematis Siswa Pada Pembelajaran Discovery Learning Dengan Media Berbasis Android Studio. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 788-797. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29268
Section
Articles

References

Bhagat,S.et.al.(2018).”Perspective Car Parking Booking System With IOT Technology”.IRJET ,(5) :1123-1125.
Herdian.(2010). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. [Online]. Tersedia : http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-berfikir-kreatif-siswa/
Huda,C.(2011). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Treffinger pada Materi Pokok Keliling dan Luas Persegipanjang. [Online]. Tersedia http://digilib.sunan-ampel.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jiptiain--chotmilhud-9908
Mahmudi,A.(2010).Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah Disajikan Pada Konferensi Nasional Matematika XV UNIMA Manado, 30 Juni – 3 Juli .
Muttoo,S & Badhani,S.(2017).”Android malware detection:state of the art”.Int.j.inf.tecnol ,9(1):111-117
Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syukur, M. (2004). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMU Melalui Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open-Ended. Tesis Magister pada FPS UPI Bandung: tidak diterbitkan
WU,Junwei.et.al.(2017).”Code recommendation for Android development:how does it work and what can be improved?”.Reseach Paper..Sci China Inf Sci,60(9):092111,doi:10.1007/s11432-017-9058-0.