Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model DL Berbantuan Kartu Domino Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas VII

Main Article Content

Umar Agustian Khalifudin
Agus Prambudi
Isti Hidayah

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu siswa masih rendah. Terlihat dari siswa yang kesulitan dalam mengerjakan soal matematika yang berbeda dari contoh yang diberikan guru dan kurang aktif dalam mencari referensi untuk menyelesaikan soal latihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu siswa kelas VII SMPN 22 Semarang pada materi operasi bilangan pecahan melalui model DL berbantuan Kartu Domino. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII E SMPN 22 Semarang. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu siswa meningkat dari siklus satu ke siklus berikutnya. Hasil penelitian diperoleh data peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang signifikan dari pra siklus rata-rata 54,14 menjadi 72,26 pada siklus I kemudian siklus II mengalami peningkatan menjadi 79,14. Persentase rasa ingin tahu mengalami kenaikan yang signifikan dari pra siklus 65% ke siklus I menjadi 73%, begitu pula pada siklus II mengalami peningkatan walaupun kurang signifikan menjadi 75%. Kesimpulannya adalah model DL berbantuan Kartu Domino dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu siswa kelas VII SMPN 22 Semarang.

Article Details

How to Cite
Khalifudin, U. A., Prambudi, A., & Hidayah, I. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model DL Berbantuan Kartu Domino Materi Operasi Bilangan Pecahan Kelas VII. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 778-787. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29269
Section
Articles

References

Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Kartu Domino Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Pelangi, 9(2).
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asikin, M., Anwar, K. & Pujiadi. (2009). Cara Cepat & Cerdas Menguasai Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagi Guru. Semarang: Manunggal Karso Semarang.
Budiningsih, A. (2012). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Renika Cipta.
Castronova, J. A. (2010). Discovery Learning for the 21st Century: What is it and How does it Compare to
Traditional Learning in Effectiveness in th 21st Century?. For Business. 73: 90-93.
Hidayat, W. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Yoyakarta.
Kemdiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Pedoman Sekolah. Jakarta:
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Lee, K. H. (2005). The Relationship between Creative Thinking Ability and Creative Personality of Preschoolers. International Education Journal, 6(2), 194-199.
Nurfitriyanti, M., & Lestari, W. (2016). Penggunaan Alat Peraga Kartu Domino terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 247-256.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Rahaju, R., & Hartono, S. R. (2017). Pembelajaran Operasi Pecahan dengan Kartu Domino Pintar. JIPMat, 1(2).
Rahman, M. H. (2017). Using Discovery Learning to Encourage Creative Thinking. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 4(2), 98-103.
Renner, B. (2006). Curiosity About People: The Development of a Social Curiosity Measure in Adults.
Journal of Personality Assessment, 87(3), 305-316.
Rosyid, A. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Domino untuk Memotivasi Santri di Masjid Al Muhajirin Banyuajuh dalam Mengerjakan Soal Matematika. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 26-30.
Sari, A. A. I. (2017). Mengembangkan Rasa Ingin Tahu dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penemuan Terbimbing Setting TPS. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.
Sriraman, B. (2009). The Characteristics of Mathematical Creativity. ZDM Mathematics Education, 41: 13-27.