Kemandirian Belajar Berbantuan Mobile Learning

Main Article Content

Muhamad Nurul Huda
Mulyono Mulyono
Isnaini Rosyida
Wardono Wardono

Abstract

Pembelajar sejati sepanjang hayat peserta didik salah satunya ditunjukkan dengan sikap kemandirian dalam belajar. Kemandirian belajar adalah individu yang secara aktif terlibat dalam lingkungan belajar, mengatur melatih, dan menggunakan kemampuannya secara efektif, dan memiliki keyakinan motivasi yang positif tentang kemampuannya dalam pembelajaran.


Smartphone berkembang sangat pesat, feature yang disediakan sangatlah banyak dan takterbatas. Dengan hadirnya operating system android, aplikasi-aplikasi smartphone berkembang begitu mudahnya. Peserta didik lebih dekat dengan smartphone dibandingkan dengan media belajar lainya. Namun kebermanfaatannya belum maskimal. Penggunaan smartphone dalam proses pembelajaran diharapkan lebih bermanfaat.


Mobile learning adalah proses belajar melalui perangkat teknologi nirkabel yang bias dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran. Mobile Learning merupakan rancangan pembelajaran yang dapat dilakukan di mana saja, kapan saja dan oleh siapa saja untuk memfasilitasi peserta didik agar mendapatkan pengetahuan atau keterampilan.


Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan mobile learning berbasis LMS (Learning Management System) Moodle dan aplikasi android mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik.

Article Details

How to Cite
Huda, M. N., Mulyono, M., Rosyida, I., & Wardono, W. (2019). Kemandirian Belajar Berbantuan Mobile Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 798-806. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29270
Section
Articles

References

Aripurnamayana, M. I. (2012). Rancangan dan Pembuatan Mobile Learning Berbasis Android (Studi Kasus : Pembelajaran Sejarah Di SMP). Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Industri: Universitas Gunadarma
Cahyono, A. N. & Miftahudin. (2018). Mobile technology in a mathematics trail program: how does it works?. Unnes Journal of Mathematics Education UJME 7 (1) 2018: 24-30 https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme/ ISSN: 2252-6927 (print); 2460-5840 (online)
Çelik, H. C. (2018). The Effects of Activity Based Learning on Sixth Grade Students’ Achievement and Attitudes towards Mathematics Activities. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 2018, 14(5), 1963-1977 ISSN:1305-8223 (online) 1305-8215 (print)
Davadas, S. D., & Lay, Y. F. (2018). Factors Affecting Students’ Attitude toward Mathematics: A Structural Equation Modeling Approach. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education , 2018 14(1):517-529, ISSN: 1305-8223 (online) 1305-8215 (print)
Faridh, A. R. F., Wardono, & Masrukan. (2018). Kemampuan Literasi Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran RME Berbantuan Geogebra. PRISMA (1), Prosiding Seminar Nasional Matematika https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Gluzman, N. А., Sibgatullina, T. V., Galushkin, A. A., Sharonov, I. A. (2018). Forming the Basics of Future Mathematics Teachers’ Professionalism by Means of Multimedia Technologies. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 2018, 14(5), 1621-1633 ISSN:1305-8223 (online) 1305-8215 (print)
http://exelearning.org/download
http://moodle.org
Huda, M. N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Transformasi Melalui Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Siswa SMP. Tri Sala Jurnal Ilmiah Pendidikan Volume 3 Nomor 9, 289-301.
Hudojo, H. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Jainuri, M. & Riyadi, S. (2017). Eksperimentasi Model Sinektik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Siswa. Edumatica Volume 07 Nomor 02 Oktober 2017 ISSN: 2088-2157
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Modul Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud
Khoiri, W., Rochmad & Cahyono, A. N. (2013). Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Journal of Mathematics Education UJME 2 (1) (2013) http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme
Nugroho, S. (2014). Pemanfaatan Mobile Learning Game Barisan Dan Deret Geometri Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Matematika SMA Kesatrian 1 Semarang. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume I Edisi 1 http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemdikbud
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Jakarta: Kemdikbud
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdikbud
Ruseffendi, H. E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sincuba, M. C., & John, M. (2017). An Exploration of Learners’ Attitudes towards Mobile Learning Technology-Based Instruction Module and its Use in Mathematics Education.IEJME— MATHEMATICS EDUCATION VOL. 12, NO. 10, 845-858
Suhendri, H. (2010). Pengaruh Kecerdasan Matematis–Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 1(1): 29-39 ISSN: 2088-351X
Suherman, E., dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Komtemporer. Bandung. UPI.
Sundayana, R. (2016). Kaitan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Dalam Pelajaran Matematika. MosharafaVolume 5 Nomor 2 Halaman 75-84.
Tahar, I., & Enceng. (2006). Hubungan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh.
Wijaya, A. (2018). How do open-ended problems promote mathematical creativity? A reflection of bare mathematics problem and contextual problem. Journal of Physics: Conf. Series 983 (2018) 012114, International Conference on Mathematics, Science and Education 2017 (ICMSE2017)
Winda, A., Sufyani, P., & Elah, E. (2018). Analysis of creative mathematical thinking ability by using model eliciting activities (MEAs). 4th International Seminar of Mathematics, Science and Computer Science Education. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1013 (2018) 012106
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., dan Yerizon. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII.JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) September 2017 Vol. 1, No. 2, Hal. 258