Pemahaman Siswa Kelas VIII B SMP Santo Aloysius Turi Tentang Relasi dan Fungsi Setelah Penerapan PMRI

Main Article Content

Mesak Ratuanik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan lintasan belajar dan pemahaman siswa pada materi relasi dan fungsi setelah penerapan pendekatan matematika realistik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian desain. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SM St. Aloysius Turi dan obyeknya adalah proses pembelajaran matematika realistik. Pengumpulan data menggunakan LKS, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar yang telah dibuat dapat membelajarkan siswa kelas VIII.B SMP St. Aloysius Turi dengan pendekatan matematika realistik pada materi relasi dan fungsi dan pemahaman siswa setelah mengalami proses pembelajaran dengan pendekatan PMRI, siswa dapat membedahkan relasi dan fungsi dari masalah kontekstual dengan menghubungkan nama siswa dengan berat badan, tinggi badan dan hobby. Dari proses pembelajaran tersebut siswa dapat mengetahui perbedaan tentang realsi dan fungsi

Article Details

How to Cite
Ratuanik, M. (2019). Pemahaman Siswa Kelas VIII B SMP Santo Aloysius Turi Tentang Relasi dan Fungsi Setelah Penerapan PMRI. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 813-820. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/29272
Section
Articles

References

Ariyadi Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Bakker, Arthur. 2014. Design Research in Statistics Education: On Symbolizing and Computer Tools. Utrecht: Utrecht University.
Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Ultrecht: Freudenthal Institute.
Gravemeijer, Koeno dan Paul Cobb. 2006. Design Research from a Learning Design Perspective. In: Jan Van Den Akker, Koeno Gravemeijer, Susan McKenney dan Nienke Nieveen. Educational Design Research. London: Routledge.
https://ambarkusuma89.wordpress.com/pmri/prinsip-pmri/ diakses pada tanggal 3 November 2017.
Simon, A.M. (1995). Reconstructing Mathematics Pedagogy from a Contructive Perspective, Vol 26(2), 31 halaman. Diakses pada tanggal 03 November 2017 dari dari http://jwilson.coe.uga.edu/EMAT7050/Students/Gainey/Article%20.pdf
Zulkardi & Putri, R.I.I. (2010). Pengembangan Blog Support untuk Membantu Siswa dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Inovasi Perekayasa Pendidikan (JIPP), 1-24.