Proses Kognisi Ditinjau dari Gaya Belajar pada Materi Volume Prisma dan Limas Kelas VIII

Main Article Content

Florianus Aloysius Nay

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses kognisi siswa dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik padamateri volume prisma dan limas di kelas VIII SMP Daarul ‘Ilmi Boarding School. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu melakukan pembelajaran tentang volume prisma dan limas, wawancara langsung dengan subyek penelitian, dokumentasi, dan studi pustaka. Wawancara dilakukan dengan 3 orang narasumber yaitu 1 orang siswa dengan gaya belajar visual, 1 orang siswa dengan gaya belajar auditorial, dan 1 orang siswa dengan gaya belajar kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kognisi siswa yang bergaya visual, auditorial dan kinestetik memiliki perbebedaan pada representasi, intuisi, metakognisi dan penalaran.

Article Details

How to Cite
Nay, F. A. (2019). Proses Kognisi Ditinjau dari Gaya Belajar pada Materi Volume Prisma dan Limas Kelas VIII. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 828-835. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29274
Section
Articles

References

Salim Agus& Ali Forman. (2006). Pengantar dan Berpikir Kualitatif dalam Agus Salim, Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana. 22-23
Astuti. Widi. (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Interpretasi Dan Analisis Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Kanisius Kalasan Yogyakarta. Skripsi. 16
Gunawan W. Adi (2007). Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated Learning. Jakarta : Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. 144-145.
Gustiati Maya. (2016). Profil Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Dan Gaya Belajar. Tesis.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kognisi, diaksespadatanggal 10 Maret 2018.
Indiati. Intan,Muhtarom, &T. J. Sarwono. (2011). Pengaruh Persepsi Siwa Kepada Guru Matematika Dan Minat Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Himpunan Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri I Purwodadi Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal. 2
Lestari Widi. (2017). Profil Metakognisi Siswa SMA Pius Bakti Utama Kelas XI IPA Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Tentang Peluang. Skripsi.10
Susilo. M. Joko. (2006). Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta: PINUS. 15
Nurlastyaningtias Maya. (2016). Profil Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pythagoras.(Skripsi).Universitas Muhammadiah Semarang.2
Pandjaitan Binur. (2013). Proses Kognitif Siswa Dalam Pemecahan Masalah. Jurnal ilmu pendidikan.17
Purdianta Edwin. (2017). Penerapan Bentuk-Bentuk Representasi Yang Dipergunakan Siswa Kelas VIIA Dalam Menyelesaikan Masalah Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel SMP Pangudi Luhur Moyudan. Skripsi. 11
Sukmana Agus. (2011). Profil Berpikir Intuitif Matematika. Laporan penelitian Universitas Katolik Parahyangan. 18