Penerapan Entropy Weighting K-Means(EW K-Means) pada Pengelompokkan Kabupaten/Kota di Jawa Timur berdasarkan Indikator Mortalitas Tahun 2014

Main Article Content

Elvira Mustikawati Putri Hermanto
Moh. Sobirin

Abstract

Mortalitas merupakan salah satu indikator kesehatan masyarakat yang terus dipantau oleh Pemerintah Indonesia untuk mengetahui taraf hidup masyarakat serta memenuhi target yang telah disepakati dalam perjanjian Millenium Development Goals (MDGs). Indikator mortalitas adalah angka kelahiran kasar, angka kematian kasar, angka kematian bayi, angka kematian balita, dan angka kematian ibu. Pada tahun 2014, angka kematian bayi di Provinsi Jawa Timur berada diatas target MDGs yang harus dicapai. Sebagai upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan dan mencapai target dalam MDGs, diperlukan suatu penelitian untuk mengetahui distribusi indikator mortalitas di Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan dengan mengelompokkan kabupaten-kabupaten (dan kota) yang ada di Provinsi Jawa Timur berdasarkan kemiripan indikator mortalitas. Metode yang digunakan adalah Entropy Weighting K-Means (EWKM). Berdasarkan perhitungan dengan metode Silhouette diperoleh jumlah kelompok optimal adalah empat kelompok. Berdasarkan metode EWKM, diketahui bahwa angka kematian kasar merupakan indikator yang paling berpengaruh di empat kelompok yang terbentuk. Kelompok kedua adalah kelompok dengan nilai indikator mortalitas yang bernilai sangat tinggi dan tinggi. Indikator yang paling berpengaruh pada kelompok pertama adalah angka kematian kasar, angka kematian balita, dan angka kematian ibu. Kabupaten Trenggalek dan Kabupaten Kediri merupakan anggota kelompok pertama. Hasil pengelompokkan dapat digunakan untuk menggambarkan distribusi mortalitas berdasarkan kondisi profil kesehatan daerah tersebut.

Article Details

How to Cite
Hermanto, E. M. P., & Sobirin, M. (2019). Penerapan Entropy Weighting K-Means(EW K-Means) pada Pengelompokkan Kabupaten/Kota di Jawa Timur berdasarkan Indikator Mortalitas Tahun 2014. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 841-847. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29276
Section
Articles

References

Dinas Kesehatan Provinsi Jatim [Dinkes Provinsi Jatim]. (2015). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur 2014. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur.Surabaya.
Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., dan Anderson, R.E. (2010).Multivariate Data Analysis A Global Perspective Seventh Edition.Pearson Education, Inc. New Jersey.
Jing, L., Ng, M.K., dan Huang, J.Z. (2007). An Entropy Weighting k-Means Algorithm for Subspace Clustering of High-Dimensional Sparse Data.IEEE Transactions On Knowledge And Data Engineering, Vol. 19, No. 8, August 2007.
Kaufman, L. dan Rousseeuw, P.J. (1990). Finding Groups in Data: An Introduction to Cluster Analysis. Wiley.New York.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia [Kemenkes RI]. (2010). Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat IPKM. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.Jakarta.