Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dan Motivasi Siswa Dengan Model PBL Berbasis Games pada Materi Logaritma di SMAN 3 Semarang

Main Article Content

Agnesly Margaretha
Arief Agoestanto
Kamta Agus Sajaka

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di SMA N 3 Semarang ditemukan masalah pada materi logaritma yang dianggap sulit mengakibatkan kemampuan penalaran matematika dan motivasi siswa belajar rendah. Model pembelajaran yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam matematika yaitu Problem Based Learning (PBL). Games sebagai metode yang dapat menghidupkan suasana belajar mengajar.


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan motivasi belajar siswa kelas X MIPA 8 SMA N 3 Semarang pada materi Logaritma. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas X MIPA 8. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes.


Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata penalaran matematika siswa pada pretes adalah 26,04 dan pada siklus 1 mengalami kenaikan menjadi 71,88 dengan persentase ketuntasan klasikal 59,37 %. Diharapkan pada siklus II kembali mengalami peningkatan. Untuk sikap rasa ingin tahu pada siklus I diperoleh rata-rata 74,53 dengan kategori tinggi. Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa kemampuan penalaran matemtika dan motivasi belajar siswa dengan model PBL berbasis games diharapkan dapat meningkat pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian, maka guru disarankan untuk menerapkan PBL berbasis games.

Article Details

How to Cite
Margaretha, A., Agoestanto, A., & Sajaka, K. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika dan Motivasi Siswa Dengan Model PBL Berbasis Games pada Materi Logaritma di SMAN 3 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 869-874. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29282
Section
Articles

References

Amir, M Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Tersedia di https://www.google.co.id/.
Direktorat Pembinaan SMA. 2010. Juknis Penetapan KKM di SMA. Tersedia di https://www.google.co.id/
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Sumarsih. 2016. Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika melalui Pembelajaran dengan Model Picture dan Picture. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika ISBN:978-602-6122-20-9 hal 339-350. Tersedia di http://jurnal.fkip.uns.ac.id.