Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas X MIPA 9 SMA N 4 Semarang Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Kartu Soal

Main Article Content

Astriana Astriana
Waluyo Waluyo
B Siswanto

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di SMA N 4 Semarang khususnya X MIPA 9 ditemukan masalah pada kemampuan pemahaman konsep matematis dan rasa ingin tahu dalam pembelajaran matematika. Model pembelajaran yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam matematika yaitu Problem Based Learning (PBL). Kartu soal sebagai media dapat menampilkan permasalahan dengan bentuk unik sehingga dapat menghidupkan suasana belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan rasa ingin tahu siswa kelas X MIPA 9 SMA N 4 Semarang pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas X MIPA 9. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I nilai rata-rata mencapai 78,56 dengan ketuntasan klasikal 83%. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 87,68 dan ketuntasan klasikal 86%. Untuk sikap rasa ingin tahu pada siklus I diperoleh rata-rata 74,33 dan pada siklus II dengan rata-rata 78,63. Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa penerapan PBL berbantuan Kartu Soal dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian, maka guru disarankan untuk menerapkan PBL berbantuan Kartu Soal.

Article Details

How to Cite
Astriana, A., Waluyo, W., & Siswanto, B. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas X MIPA 9 SMA N 4 Semarang Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Kartu Soal. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 893-898. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29286
Section
Articles

References

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
Permendikbud. 2014. No 58 lampiran III. PMP MTK SMP. Tersedia di http://staff.unila.ac.id/ngadimunhd/files/2012/03/Permen-58-ttg-Kurikulum-SMP.doc
Rahman, Abdur. A., dkk. 2017. Buku Guru Matematika Kelas VIII. Jakarta: Kemendikbud
Ramadhani, R. 2017.Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Matematika Siswa SMA Melalui Guided Discovery Learning Berbantuan Autograph. 10(2):72-73. Tersedia di https://doaj.org/article/2445ea1dabe04198becc329ed566a6ca