Kemampuan Berpikir Lateral Siswa SMP pada Pemecahan Masalah Geometri

Main Article Content

Restu Ria Wantika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan kemampuan berpikir lateral siswa SMP pada pemecahan masalah geometri dengan menggunakan tahap berpikir Van Hiele. Berpikir lateral adalah proses pemikiran dalam memecahkan masalah melalui pendekatan langsung dan kreatif dengan menggunakan penalaran yang tidak segera dapat dijelaskan dan melihat ide-ide yang mungkin tidak diperoleh ketika menggunakan langkah berpikir tradisional. Berpikir lateral pada pemecahan masalah yang dimaksudkan pada penelitian ini menggunakan pemecahan masalah polya dan geometri merujuk pada tahap berpikir Van Hiele dengan fokus utama siswa SMP.

Article Details

How to Cite
Wantika, R. R. (2019). Kemampuan Berpikir Lateral Siswa SMP pada Pemecahan Masalah Geometri. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 932-937. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29862
Section
Articles

References

Budiarto, M.T. (2006). Bentuk Kesalahan dalam Menyelesaikan Permasalahn Geometri. Universitas Negeri Yogyakarta.
Clements, D.H & Batitista. 1992. Geometry and Spatial Reasioning. Dalam D.A. Grows, (ed.) Handbook of Research on Teaching and Learning Matematics. (pp.420—464). Newyork: MacMillan Publisher Company.
Cooney, T.J., Davis, E.J., Henderson, K.B.(1975). Dynamics of Teaching Secondary School Mathematics. Boston: Houghton Mifflin Company.
Crowley, M. L. (1987). The van Hiele model of the development of geometric thought. Learning and teaching geometry, K-12, 1-16.
De Bono, E.(1990). Lateral Thinking. http://kioulanis.gr/rivips/images/Lateral_thinking.pdf. Online Book
De Bono, E.(1991). Berpikir Lateral Buku Teks Kreativitas. Jakarta : Erlangga.
De Bono, E. (1992). Mengajar Berpikir. Terjemahan Soemarjo. Jakarta : Erlangga.
De Bono, E. (2009). Think! Before it’s too Late. London : Vermilion.
Nurani, Irawan, Sa’dijah. (2016). Level Berpikir Geometri Van Hiele Berdasarkan Gender Pada Siswa Kelas VII SMP Islam Hasanuddin Dau Malang. Jurnal Pendidikan, Volume: 1 Nomor: 5 Bulan Mei Tahun 2016 Halaman: 978—983.
Polya, G. (1973). Mathematics ondpkuusible reusoning (Vol. 1).
Usiskin, Z. (1982). Van Hiele Levels and Achievement in Secondary School Geometry. CDASSG Project.