Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa

Main Article Content

Ulfany Fitri Utami
Ena Suhena Praja
Ika Wahyuni

Abstract

Rendahnya kemampuan koneksi matematis dan motivasi belajar siswa kelas X di SMAN 8 Kota Cirebon Tahun Pelajaran 2015/2016 disebabkan pembelajaran yang kurang mengaktifkan siswa. Pembelajaran cenderung berpusat kepada guru, yang mengakibatkan siswa menjadi kurang terampil dalam mengungkapkan gagasan dan ide – idenya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan koneksi dan motivasi belajar siswa, juga untuk mengetahui perbedaan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dan konvensional. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 8 Kota Cirebon. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X.8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.9 sebagai kelas kontrol yang sama – sama berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan berbentuk tes dan angket. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan uji regresi sederhana dan analisis statistik deskriptif serta statistik inferensial (uji-t). Sehingga dapat diinterpretasikan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model Learning Cycle 5E dan  konvensional. Dari rata – rata hasil kemampuan koneksi siswa kelas eksperimen sebesar 77,07 dan kelas kontrol sebesar 56,92, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan koneksi matematis siswa dan Motivasi Belajar Siswa .

Article Details

How to Cite
Utami, U. F., Suhena Praja, E., & Wahyuni, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 938-945. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/32685
Section
Articles

References

Agustyaningrum, N. Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX B SMP Negeri 2 Sleman. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 3 Desember 2011. P-34 : 377-386. Universitas Negeri Yogyakarta. ISBN : 978-979-16353-6-3.
Depdiknas.2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Mengengah. Jakarta: Depdiknas.
Djamarah, S. B. 2002. Psikologi belajar.
Hamalik, O. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Edisi Kesatu.Cetakan Kesepulu.. Bmi Aksara. Jakarta
Jihad, A. dan A. Haris. 2012.Evaluasi Pembelajaran. Cetakan kesatu.Multi Presindi. Yogyakarta
Ruspiani. 2000. Kemampuan dalam Melakukan Koneksi Matematika. Tesis pada PPs UPI: tidak diterbitkan.
Sumarmo, U. 2008. Berfikir Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Cara Mempelajarinya. Makalah. Tidak Dipublikasikan.
Sumarmo, U. 2010. Berpikir Dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Bandung: FPMIPA UPI.
Wibowo, A.,Munir., dan Waslaluddin. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle 5E) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. 1-6. Universitas Pendidikan Indonesia.