Ethnomathematics: Konsep Matematika dalam Pembuatan dan Penggunaan Klakat

Main Article Content

Jero Budi Darmayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara konsep matematika dengan pembuatan dan penggunaan Klakat dalam budaya masyarakat Bali. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan studi etnografi pada masyarakat Bali Mula yang tinggal di Desa Songan dan Desa Belandingan. Penelitian fokus pada eksplorasi ethnomathematics masyarakat di dua desa tersebut. Setelah dilakukan observasi, wawancara, FGD, dan analisis dokumentasi ditemukan beberapa ethnomathematics. Satu diantaranya yaitu adanya konsep pola bilangan dan fungsi pada pembuatan Klakat. Disamping itu, terdapat konsep bentuk bangun ruang prisma dan kubus pada saat pembuatan upacara adat atau upacara agama dengan memanfaatkan Klakat.

Article Details

How to Cite
Darmayasa, J. (2020). Ethnomathematics: Konsep Matematika dalam Pembuatan dan Penggunaan Klakat. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 252-257. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37558
Section
Articles

References

Asnawati, S., Liliana, I. K., & Muhtarulloh, F. (2018). Penerapan Pembelajaran Inkuiri dengan Etnomatematik pada materi Bidang Datar Terhadap Kemampuan Pemahaman matematis Siswa. Euclid, 251-295.
Huda, N. T. (2018). Etnomatematika pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 217-232.
Maryati, & Pratiwi, W. (2019). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Tarian Tradisional pada Pembukaan Asian Games 2018. Fibbonacci, 23-28.
Riana, I. K. (2011). lalintih Sang Catur Sanak Bali: kayuselem, Celagi, Tarunyan, Kaywan, Lan Warga Bali Aga. Denpasar: Yayasan Tan Mukti Palapa.
Rosa, M., & Orey, D. C. (2006). Ethnomathematics: Cultural Assertions and Challenges Toward Pedagogical Action. The Journal of Mathematics Cultural , 57-78.
Ruseffendi, E. (2005). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksata Lainnya. Bandung: Tarsito.
Sirate, S. F. (2011). Studi Kualitatif tentang Aktivitas Etnomatematika dalam Kehidupan Masyarakat Tolaki. Lentera Pendidikan, 123-136.