Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita di topik geometri dan faktor-faktor penyebabnya

Main Article Content

Stevani Armita Murwati
Dicky Febri Hanianto
Nanang Daud Adi Prasetyo

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kemendikbud (2018) hasil rata - rata nilai Ujian Nasional di Indonesia pada mata pelajaran matematika menduduki peringkat paling rendah diantara mata pelajaran lainnya. Sebagian besar siswa mengalami kesalahan dalam menjawab soal pada materi geometri, hal tersebut terlihat dari data yang menunjukan bahwa 18,65% siswa yang hanya dapat menjawab soal dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan letak kesalahan siswa pada materi geometri kelas IX dan faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal tersebut. Metode penelitian yang digunakan ialah memberikan soal test dan wawancara dengan siswa. Selanjutnya hasil analisis kesalahan jawaban siswa pada materi geometri akan dipaparkan dibagian kesimpulan. Saran dapat dilihat pada bagian kesimpulan.

Article Details

How to Cite
Murwati, S., Hanianto, D., & Prasetyo, N. D. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita di topik geometri dan faktor-faktor penyebabnya. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 358-369. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37559
Section
Articles

References

Kemendikbud. 2018. Laporan Hasil Ujian Nasional. (Online). (https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2018!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&03&T&T&1&!1!&, diakses 4 September 2019).
Rindyana, B. S. B., & Chandra, T. D. (2012). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan analisis Newman (Studi Kasus MAN Malang 2 Batu). Artikel Ilmiah Universitas Negeri Malang, 1(2).
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1).
Susilowati, P. L., & Ratu, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Newman dan Scaffolding pada Materi Aritmatika Sosial. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 13-24.
Wijaya, A. (2014). Difficulties in solving context-based PISA mathematics tasks: Ananalysis of students’ errors. TME, 11(3), 555.