Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Model Problem Based Learning dengan Mode Oral Feedback

Main Article Content

Isna Khairunnisa
Kartono Kartono
Amin Suyitno

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri bagaimana kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemandirian belajar pada model Problem Based Learning dengan mode oral feedback. Metode yang digunakan adalah penelitian penelitian dengan pendekatan kualitatif.  Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII SMP PT Ulul Abshor Semarang. Analisis data diperoleh dari metode tes dan non tes. Metode tes berupa soal dengan materi segiempat dan segitiga yang mengandung indikator kemampuan penalaran matematis. Sedangkan metode non tes berupa angket kemandirian belajar dan wawancara terbuka. Berdasarkan triangulasi yang diambil dari data analisis kemandirian belajar, kemampuan penalaran matematis, dan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa terdapat keterkaitan antara kemandirian belajar dan kemampuan penalaran matematis. Jika kemandirian belajar siswa tinggi maka kemampuan penalarannya juga tinggi begitu pula sebaliknya.

Article Details

How to Cite
Khairunnisa, I., Kartono, K., & Suyitno, A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Model Problem Based Learning dengan Mode Oral Feedback. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 353-357. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/37562
Section
Articles

References

Alzeebaree, Y., Ahmed, H. I., & Hasan, I. A., (2018). Oral Corrective Feedback: Investigating Kurdish High School Teachers’ Beliefs and Prcatice. International Journal of English Linguistics, Vol. 8 No. 6, ISSN 1923-869X E-ISSN 1923-8703.
Brookhart, S. M., (2008). How To Give Effective Feedback to Your Students. USA: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD).
Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M., (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal On Education, Vol. 01 No. 02, E-ISSN 2654-5497 P-ISSN 2655-1365, 288-296.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U., (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama
Lithner, Johan. (2012). Learning Mathematics by Creative or Imitative Reasoning. International Congress on Mathematical Education, Seoul, Korea.
Mubuuke, A., Louw, A. J. N., & Schalkwyk, S. V., (2016). Utilizing Students’ Experiences and Opinions of Feedback During Problem Based Learning Tutorials to Develop A Facilitator Feedback Guide: An Exploratory Qualitative Study. BMC Medical Education, (16)6.
Mulyana, Ade. (2015). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 9 No. 1, ISSN 1978-5089, 40-51.
Naimnule, M., Kartono, & Asikin, M., (2018). Peran Peer Feedback dalam Pembelajaran Model Problem Based Learning pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, ISSN 2407-7496. Jogjakarta.