Bagaimana Mahasiswa Menyusun dan Memverifikasi Dugaan: Kasus pada Materi Kalkulus

Main Article Content

Ponco Sujatmiko
Ikrar Pramudya
Dyah Ratri Aryuna
Farida Nurhasanah

Abstract

Bukti adalah penting dalam matematika, tapi itu adalah akhir dari suatu proses. Sebelum dapat dibuktikan, mesti ada ide yang berharga untuk digunakan dalam pembuktian. Tahap penyelidikan dalam berpikir matematika membangun semua gambaran hubungan dan gambaran hubungan tersebut membawa pada suatu dugaan. Paparan ini merupakan hasil dari penelitian kualitatif eksploratif  yang dilakukan untuk mengetahui bagaimana mahasiswa menyusun dan memverifikasi dugaannya pada materi kalkulus. Dari hasil wawancara terhadap dua orang mahasiswa subjek penelitian, keduanya menyusun dugaan secara empiris yakni dengan mencoba melihat kecenderungan atau pola dari beberapa kasus dan memverifikasi dugaannya dengan membuktikan secara analitis. Salah satu mahasiswa membayangkan terbentuknya pola secara kontinu dan menemukan bukti analitisnya tidak sesuai dengan dugaan, kemudian mencoba melihat mengapa dugaannya berbeda dengan buktinya. Sementara mahasiswa lainnya menemukan pola dengan menggambar di kertas dari kasus-kasus diskrit dan melihat ada kemungkinan dugaannya berbeda dengan buktinya tetapi kemudian memaksakan bukti analitis sesuai dugaannya.

Article Details

How to Cite
Sujatmiko, P., Pramudya, I., Aryuna, D., & Nurhasanah, F. (2020). Bagaimana Mahasiswa Menyusun dan Memverifikasi Dugaan: Kasus pada Materi Kalkulus. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 306-309. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37563
Section
Articles

References

Ball,D.L., & Bass.H (2003). Making mathematics reasonable in school. In J.Kill Patrick,W.G Martin & D.Schifter ( Eds), A research companion to principles and standards for school mathematics 27-44. Reston, VA : National Council of Teachers of Mathematics
Bergqvist, T.,( 2005 ). How Students Verify Conjectures : Teachers’ expectation E. Journal of Mathematics Teacher Education ,8, 171-191.
Canadas,M.C., Deulofeu,J., Figueiras,L.,Reid,D.,Yevdokimov,O. (2007). The Conjecturing Process: Perspectives in Theory and Implications in Practise. Journal of Teaching and Learning, 25(1), 55-72
Carpenter,T.P, Franke & Levi, L. (2003). Thinking Matematically : Integrating Arithmatic and Algebra in Elementary School. Portsmouth, NH : Heinemann
Lannin, J.K., Ellis,A.B.,Elliot,R. ( 2011 ). Developing Essential Understanding of Mathematical Reasoning for Teaching Mathematics in Prekindergarten-Grade 8. R.M.Zbiek, (Ed). Reston, VA : National Council of Teachers Mathematics.
Skemp, R.R ( 1971 ). The Psychology of Learning Mathematics, Penguin 1971
Stewart, J ( 2010 ). Calculus Seventh Edition , Brooks/Cole Publishing Company, USA.