Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa SMP Negeri 1 Cepiring Kelas VIII Pada Pembelajaran PBL Bernuansa Etnomatematika

Main Article Content

Ragil Yunitasari
Zaenuri Zaenuri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) ketuntasan klasikal pada Problem Based Learning (PBL) bernuansa etnomatematika, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran PBL bernuansa etnomatematika dibandingkan pada pembelajaran konvensional, (3) perbedaan self efficacy siswa sebelum dan sesudah pembelajaran PBL bernuansa etnomatematika, dan (4) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari tiap kategori self efficacy. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method dengan desain penelitian concurrent embedded design. Pada penelitian kuantitatif menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada salah satu SMP di Kendal tahun ajaran 2018/2019. Dengan teknik simple random sampling, terpilih 32 siswa kelas VIII F sebagai kelompok eksperimen, dan 29 siswa kelas VIII G sebagai kelompok kontrol. Metode pengambilan data dilakukan dengan tes, angket skala GSE (General Self Efficacy), observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan uji proporsi, perhitungan rata-rata selisih pretest dan posttest serta uji Independent Sample T-test, uji Paired Sample T-test dan uji satu pihak (pihak kanan), dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran PBL bernuansa etnomatematika pada materi bangun ruang sisi datar mencapai ketuntasan klasikal; (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran PBL bernuansa etnomatematika lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional, meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan; (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara self efficacy siswa sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran PBL bernuansa etnomatematika, dimana rata-rata skor self efficacy sesudah pembelajaran lebih tinggi; (4) siswa dengan self efficacy tinggi cenderung dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis; (5) siswa dengan self efficacy sedang cenderung memenuhi indikator memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, dan melaksanakan rencana pemecahan masalah; (6) siswa dengan self efficacy rendah cenderung hanya memenuhi indikator memahami masalah.

Article Details

How to Cite
Yunitasari, R., & Zaenuri, Z. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa SMP Negeri 1 Cepiring Kelas VIII Pada Pembelajaran PBL Bernuansa Etnomatematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 426-434. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37565
Section
Articles

References

Azwar, S. 2015. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandura. A. 1994. Self efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of Human Behavior, Vol. 4. New York: Academic Press. [diakses 13-12-2018].
Betz, N. E. & G. Hackett. 1983. The Relationship of Mathematics Self-Efficacy Expectations to the Selection of Science-Based College Majors. Journal of Vacational Behavior, 23: 329-345. [diaksess 22-12-2018].
Geni, P. R. L. & I. Hidayah. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1): 11-17. [diakses 31-5-2018].
Gunantara, Gd., Md. Suarjana, & Pt. N. Riastini. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). [diakses 6-12-2018].
Jatisunda, M. G. 2017. Hubungan Self Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2): 24-30. [diakses 5-3-2018]
Laili, N. I. & U. Azizah. 2015. Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Pada Materi Pokok Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Laju Reaksi Kelas XI SMA Negeri 4 Sidoarjo. UNESA Journal of Chemical Education, 4 (1): 62-68. [diakses 25-1-2019].
Octaria, D. & E. F. P. Sari. 2018. Peningkatan Self Efficacy Mahasiswa Melalui Problem Based Learning (PBL) pada Mata Kuliah Program Linier. Jurnal Elemen, 4(1). [diakses 23-12-2018].
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM. [diakses 26-6-2018].
Polya, G. 1973. How to Solve it: A New Aspect of Mathematical Method. Princeton. New Jersey Princeton. University Press.
Puspendik. 2018. Aplikasi PAMER UN.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: Rajagrafindo Persada.
Scherer, Ronny & J. F. Beckmann. 2014. The Acquisiotion Of Problem Solving Competence: Evidence From 41 Countries That Math and Science Education Matters. Large-scale Assessment in Education. 2(10): 1-22. [diakses 13-12-2018].
Sefiany, N., Masrukan, & Zaenuri. 2016. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII Pada Pembelajaran Matematika dengan Model Knisley Berdasakan Self Efficacy. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(3): 227-233. [diakses 29-1-2019].
Sirate, F. S. 2012. Implementasi Etnomatematika dalam Pembelajaran Matematika Pada Jenjang Pendidikan Sekolah Dasar. Lentera Pendidikan, 15(1). [diakses 21-12-2018].
Syaiful. 2013. The Teaching Model to Enhance Mathematical Problem Solving Ability in Junior High School Teacher. International Journal of Education and Research, 1(9). [diakses 24-9-2018].
Zhang, W. & Q. Zhang. 2010. Ethnomathematics and Its Integration within the Mathematics Curriculum. Journal of Mathematics Education, 3(1): 151-157. [diakses 10-12-2018].