Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Menggunakan Metode Guided Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Self Concept Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Main Article Content

Hari Pratikno

Abstract

Siswa akan belajar dengan baik jika mendapat bantuan bimbingan yang tepat dari guru. Salah satu metode pembelajaran yang tepat digunakan adalah guided discovery learning. Tujuan penelitian ini  adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa menggunakan metode guided discovery learning ditinjau dari self concept siswa kelas VIII SMP Swasta di Yogyakarta pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian sebanyak 21 siswa kelas VIII dan satu guru sebagai kolaborator. Desain penelitian menggunakan model spiral Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing  terdiri dari 2 pertemuan. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, tes prestasi belajar, angket self concept, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar ditinjau dari self concept siswa, yaitu rata-rata nilai siswa pada siklus I sebesar 51,43 meningkat pada siklus II menjadi 72,38. Persentase ketercapaian KKM pada siklus I sebesar 23,81% meningkat pada siklus II mencapai 76,19% dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 16 siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 5 siswa.

Article Details

How to Cite
Pratikno, H. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMP Menggunakan Metode Guided Discovery Learning Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Self Concept Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 335-342. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37566
Section
Articles

References

Balim, A. G. (2009). The effects of discovery learning on students successes and inquiry learning skills. Eurasian Journal of Educational Research, 35, 1-20.
Baroody, A. J., Purpura, D. J., Eiland, M. D., & Reid E. E. (2015). The impact of highly and minimally guided discovery instruction on promoting the learning of reasoning strategies for basic add 1 and doubles combinations. Early Chilhood Research Queaterly, 30, 93-105.
Delamater, J. & Ward, A. (Eds.). (2013). Handbook of social psychology. New York: Springer Science + Business Media.
Ebel, R. L. & Frisbie, D. A. (1991). Essentials of educational measurements. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Honomichl, R.D., & Chen, Z. (2012). The role of guidance in children's discovery learning. Wiley Interdisciplinary Reviews: Cognitive Science, 3(6), 615-622.
Hopkins, D. (2008). A teacher’s guided to classroom research (4th ed). London, UK: McGraw Hill.
Jaiswal, S. K. (2017). Academic self concept and academic achievement of secondary school students. American Journal of Educational Research, 5(10), 1108-1113.
Romberg, T. A. (2008). The impact of reform instruction on student mathematics achievement. New York, NY: Taylor and Francis Group.
Simamora, R. E., Saragih, S., & Hasrattudin (2019). Improving student’s mathematical problem solving ability and self-efficacy through guided discovery learning in local culture context. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 61-72.
Sitinjak, A. A. & Mawengkang, H. (2018). The difference of student’s mathematical achievement by using guided discovery and cooperative learning model jigsaw type. Journal of Mathematics Education, 7(1), 45-54.
Timmerman, H. L., Toll, S. W. M., & Luit, J. E. H. (2017). The relation between math self-concept, test and math anxiety, achievement motivation and math achievement in 12 to 14 year old typically developing adolescents. Psychology, Society, & Education Journal, 9(1), 89-103.
Uside, O. N., Barchok, K., & Abura, O. (2013). Effect of discovery method on secondary school students achievement in physic in Kenya. Asian Journal of Social Science on Humanities, 2(3), 351-358.
Westwood, P. (2008). What teachers need to know about teaching methods. Australia: Camberwell, Acer Press.
William, Amanda. (2014). An exploration of preference for numerica information in relation to math self concept and statistics anxiety in a graduate statistics course. Journal of Statistic Education, 22(1), 1-16.
Yurniwati & Hanum, L. (2017). Improving mathematics achievement of indonesian 5th grade students through guided discovery learning. Journal on Mathematics Education, 8(1), 77-84.