Keacakan Konstruksi Segi n Tidak Beraturan Pada Lingkaran Satuan Berbantu MATLAB

Main Article Content

Beni Utomo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan konstruksi mengenai bagaimana membuat segi-n tidak beraturan yang dibuat pada lingkaran satuan dengan menggunakan MATLAB. Konstruksi segi-n tidak beraturan yang dibuat di dalam lingkaran satuan bisa dikonstruksi tanpa syarat sedangkan konstruksi untuk menyusun segi-n tidak beraturan yang dibuat di luar lingkaran satuan ternyata tidak bisa sebarang. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka. Penelitian dilakukan dengan pembuatan segi-n beraturan terlebih dahulu yang dibuat di luar lingkaran satuan, selanjutnya dengan memperhatikan sifat-sifatnya akan dikonstruksi segi-n tidak beraturan di luar lingkaran satuan. Untuk membantu konstruksi visualnya digunakan MATLAB dengan memanfaatkan integral garis untuk menentukan luas daerah yang terbentuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Konstruksi segitiga di luar lingkaran satuan bisa dibuat dengan mengambil sebarang 2 titik sedangkan titik ketiga tidak bisa diambil secara bebas, 2. Konstruksi segiempat tidak beraturan di luar lingkaran satuan bisa dikonstruksi dengan mengambil 3 titik secara bebas dan titik yang keempat harus tertentu. 3. Secara umum konstruksi segi-n tidak beraturan yang dibuat di luar lingkaran bisa dibuat dengan mengambil sejumlah sebarang (n-1) titik sedangkan titik ke n tidak bisa bebas dan harus tertentu. 4. Visualisasi konstruksi bisa dibuat dengan MATLAB.

Article Details

How to Cite
Utomo, B. (2020). Keacakan Konstruksi Segi n Tidak Beraturan Pada Lingkaran Satuan Berbantu MATLAB. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 41-45. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37568
Section
Articles

References

Beni Utomo.(2019). Numerical Study On An Area Of Regular Polygon As A Concept Of Limit Approach For Unit Circle Using Line Integrals With MS Excel. Journals of Physics Conference Series.
Joseph, Billo.(2007). Excel for Scientists and Engineers: Numerical Methods. John Wiley and Sons: Canada.
James Stewart.(2010). Calculus: Consepts and Contexts, Fourth Edition. Brooks/Cole: Canada .
Michael Bobby.(2019).Aplikasi Teorema Green pada Bidang dalam Menghitung Luas Segi-n dengan Bantuan MATLAB. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.
Spiegel. M. R.(1974). Theory and Problems of Vector Analysis. Schaum’s Outline Series, New York: McGraw-Hill.
Sullivan.(2012). Trigonometry: A Unit Circle Approach, 9th Ed. Pearson: Boston.
Varberg ,D., Purcell, E., dan Rigdon,S.(2010). Calculus: Ninth Edition. Prentice-Hall, Inc, Upper Saddle, New Jersey.