Pengaruh Audience Feedback pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kemandirian Belajar dengan Model Discovery Learning

Main Article Content

Prihatina Hikmasaria
Kartono Kartono
Tri Sri Noor Asih

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil survey TIMSS 2015 bahwa presentase kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di Indonesia masih di bawah standar Internasional. Belum optimalnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik mempengaruhi kualitas dan prestasi belajar peserta didik. Pemecahan masalah mendorong peserta didik mencari informasi, memperkaya wawasan dan keterampilannya melalui berbagai upaya aktif dan mandiri. Kemandirian belajar peserta didik perlu adanya pembiasaan agar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Sesuai dengan Permendikbud No.105 tahun 2014, Discovery Learning merupakan salah satu model pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang direkomendasikan kurikulum 2013. Penerapan model tersebut dengan melaksanakan diskusi untuk membangun persamaan persepsi tentang konsep dan pelaksanaan kurikulum 2013. Selain sebagai fasilitator guru juga bertanggung jawab atas evaluasi terhadap peserta didik. Namun tidak semua guru memberikan umpan balik (feedback) yang sesuai dengan kesalahan peserta didik. Salah satu feedback yaitu audience feedback dimana peserta didik yang mengalami kesulitan diberikan feedback secara individual atau grup (class). Berdasarkan hasil dari berbagai survey dan penelitian, diketahui bahwa pembelajaran Discovery Learning dengan audience feedback dapat mencapai kemampuan pemecahan masalah ditinjau dari kemandirian belajar matematika.

Article Details

How to Cite
Hikmasaria, P., Kartono, K., & Asih, T. (2020). Pengaruh Audience Feedback pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kemandirian Belajar dengan Model Discovery Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 514-517. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37572
Section
Articles

References

Bangert-Drowns, R. L., Chen-lin, C. K., James, A. K., & Morgan, M. T., (1991). The Intructional Effect of Feedback in Test-Like Event. Sage Journal. 61(2): 213-238
Brookhart, S.M. 2008. How to Give Effective Feedback to Your Students. Association for Supervision and Curriculum Development Alexandria, Virginia USA.
Evans, C., & Michael W. (2011). Student Teacher Assessment Feedback Preference: The Influence of Cognitive Styles and Gender. Learning and Individual Differences, 21(2011) 271-280.
Harahap, E. R. & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel . Edumatica, 7(1): 44-54
Hatiie, J., & Timperly H. (2007). The Power of Feedback. Sage Journal. 77(1): 81-112
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U., (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kluger, Avraham N., DeNisi, & Angelo. (1996). The effects of feedback interventions on performance: A historical review, a meta-analysis, and a preliminary feedback intervention theory. Psychological Bulletin APA PsycNET. 119(2), 254-284
Naimnule, M., Kartono, & Mohamad Asikin., (2018). Peran Peer Feedback dalam Pembelajaran Model Problem Based Learning pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
National Council of Teachers of Mathematics. (2003). Programs for Initial Preparation of Mathematics Teachers. Standards for Secondary Mathematics Teachers.
Nurciss, S., Sergey, S., Lenka, S., Eric, Andreas, Anja, E., George. G. & Eric Andreas. (2014). Exploring Feedback and Student Characteristics Relevant for Personalizing Feedback Strategies. Jurnal Computers dan Education, 71(2014) 56-76.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 105 Tahun 2014 Tentang Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Rakoczy, K., Birgit H., Eckhard K., Werner B., & Jan h., (2013). Written Feedback in Mathematics: Mediated by Students’ Perception, Moderated by Goal Orientation. Learning and Instruction, 27 (2013) 63-73.
Reinholz, D.L. (2018). “Peer Feedback for Learning Mathematics”. Journal the American mathematical Monthly, 125 (7): 653-658
Sundayana, R. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(2): 75-84.
TIMSS. (2015). Highlights from TIMSS Advanced 2015. Washington. Institute of Education Sciences.