Menstimulasi Berpikir Matematis Siswa Melalui Pengajuan Pertanyaan yang Efektif

Main Article Content

Mohammad Asikin

Abstract

Kajian konseptual ini bertujuan mendeskripsikan teknik dan bentuk pertanyaan yang efektik untuk menstimulasi berpikir matematis siswa. Teknik bertanya yang baik telah lama dianggap sebagai perangkat fundamental bagi guru dalam mengefektifkan proses pembelajaran matematika. Sayangnya, penelitian menunjukkan bahwa 93% pertanyaan guru adalah pertanyaan berbasis pengetahuan "tingkat rendah" yang berfokus pada pengingatan fakta (Bobis et al, 2011). Jelas ini bukan jenis pertanyaan yang tepat untuk menstimulasi tumbuhnya kemampuan berpikir matematis, karena kemampuan ini dapat dibangun dari keterlibatan siswa secara mendalam dalam menyelesaikan masalah matematika yang diberikan guru. Ada beberapa jenis dan teknik pertanyaan yang dapat digunakan untuk menstimulasi berpikir matematis siswa seperti starter questions, questions to stimulate mathematical thinking, assessment questions, dan final discussion questions. Shahrill (2013) mengkategorikan beberapa jenis pertanyaan dalam kelas Matematika, yakni:  factual recall questions, conceptual questions yang terbagi dalam convergent questions dan divergent questions, serta evaluative or higher level questions. Ada 8 tips yang dapat digunakan untuk mengembangkan pertanyaan yang efektif dalam pembelajaran Matematika, yakni: anticipate student thinking, link to learning goals,  pose open questions, pose questions that actually need to be answered, incorporate verbs that elict higher levels of Blooms Taxonomy, pose questions that openup the conversation to include others, keep questional neutral, dan  provide wait time.

Article Details

How to Cite
Asikin, M. (2020). Menstimulasi Berpikir Matematis Siswa Melalui Pengajuan Pertanyaan yang Efektif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 642-649. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/37586
Section
Articles

References

Aizikovitch-Udi, A., Clarke, D., & Star, J. (2013). Good questions or good questioning: An essential issue for effective teaching. Paper presented at CERME8: 8th Congress of the European Society for Research in Mathematics Education. Antalya, Turkey.
Baroody, A.J. (1998). A guide to effective instruction in mathematics, Kindergarten to Grade 6 – Volume Two: Problem solving and communication.
Bobis, J., Anderson, J., Martin, A., & Way, J. (2011). A Model for Mathematics Instruction to Enhance Student Motivation and Engagement. Motivation and Disposition: Pathways to Learning Mathematics, 73.
Franke, M. L., Webb, N. M., Chan, A. G., Ing, M., Freund, D., & Battey, D. (2009). Teacher questioning to elicit students’ mathematical thinking in elementary school classrooms. Journal of Teacher Education, 60(4), 380-392.
Ontario Ministry of Education. (2011). Asking Effective Questions. Special Edition. Toronto, ON: Queen’s Printer for Ontario.
Rowe, M.B. (1986). Wait time: slowing down may be a way of speeding up! Journal of Teacher Education, 43-49.
Shahrill, Masitah. (2013). Review of Effective Teacher Qustioning in Mathematics Classroom. International Journal of Humanities and School Science, 3(17), 224-231.
Way, Jenny. (2008). Using Questioning to Stimulate Mathematical Thinking. APMC, 13(3), 22-27.
Wood, A.T., & Anderson, C.H. (2001). The case study method: Ctitical thinking enhanced by effective teacher questioning skills. Lund, Sweden: Paper presented at Annual Int Conf of The World Assc for Case Method Resarch and Application.